Air Terjun Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo. Ingin mencari tempat wisata alami yang menarik di Malang? Coba deh pergi ke air terjun Coban Rondo. Malang mempunyai satu destinasi air terjun populer yang letaknya ada di daerah pegunungan dengan ketinggian 1.135 mdpl.

Kalau ditanya soal deskripsi Coban Rondo, bisa dibilang wisata ini mempunyai udara yang sejuk dengan pemandangannya yang terbilang sangat alami.

Pepohonan yang ada di kawasan air terjun inilah yang menjadikan Coban Rondo mempunyai daya Tarik, sehingga banyak wisatawan yang berdatangan.

Coban Rondo mempunyai tinggi hingga 84 meter, jadi bisa dibayangkan bagaimana air mengalir dari ketinggian tersebut bukan? Nah, Coban Rondo sendiri dibuka menjadi sebuah wisata yang resmi oleh pemerintah sekitar tahun 1980.

Mata air Cemoro Mudo yang berada di sisi lereng Gunung Kawi menjadi sumber utama aliran air di Coban Rondo.

Air Terjun Coban Rondo
Foto: Instagram/ @ndekmalang

Alamat dan Lokasi Air Terjun Coban Rondo

Coban Rondo ini terletak di Kecamatan Pujon, tepatnya di Dusun Krajan Desa Pandesari dan masih dekat dengan wisata Coban Rais. Akses untuk ke tempat wisata ini cukup mudah karena ada banyak transportasi umum yang bisa kamu manfaatkan.

Kalau kamu ingin menggunakan transportasi umum, maka naiklah bus jurusan Landungsari dari Terminal Arjosari. Setelah sampai tujuan yakni Landungsari, maka kamu bisa lanjut lagi naik bus jurusan menuju ke Kediri.

Kamu bisa sampaikan kepada kernet untuk minta turun di Pujon. Nantinya, kamu akan diturunkan di Patung Sapi. Di sana banyak sekali tukang ojek yang bisa mengantarkanmu ke tujuan wisata Coban Rondo.

Kalau kamu menggunakan kendaraan sendiri, pergilah ke arah kota Batu dan langsung menuju Pujon. Nantinya, akan ada banyak papan petunjuk yang akan mengarahkan kamu menuju ke Coban Rondo.

Jam Buka

Menariknya dari Coban Rondo sekalipun wisata ini sudah populer adalah, tidak ada jam operasionalnya. Kamu bebas lho untuk berkunjung kapan saja. Petugas yang menjaga tiket mungkin akan bekerja sampai pukul 5 sore, tapi tenang saja!

Kawasan wisata ini tidak akan menghalangi para wisatawan yang mungkin ingin datang di atas jam 5 sore. Tapi apakah kamu yakin ingin datang di atas jam 5 sore atau bahkan malam hari? Mitos menurut penduduk sekitar, air terjun ini terbilang angker saat malam hari.

Mitos yang beredar, siapapun yang datang ke wisata ini dengan pasangannya, maka ia dan pasangan bisa putus. Jadi, larangan di Coban Rondo ini adalah sebisa mungkin untuk tidak membawa pasangan ketika berwisata di air terjun ini.

Kepercayaan ini tidak terlepas dari sejarah Coban Rondo itu sendiri. Konon, ada seorang istri bernama Dewi Anjarwati yang menunggu suaminya berperang di air terjun tersebut.

Namun suaminya tidak kunjung datang untuk menjemputnya dan ia tetap menunggu suaminya datang. Orang-orang kemudian menamakan air terjun ini dengan sebutan Coban Rondo, yang artinya air terjun janda.

 

Harga Tiket Masuk Air Terjun Coban Rondo

Tiket masuk untuk bisa menikmati keindahan di Coban Rondo sendiri sangat murah, yakni hanya Rp8.000 untuk wisatawan lokal. Sementara bagi wisatawan mancanegara, tarif yang berlaku adalah Rp10.000 per orangnya.

Dengan tiket semurah itu, maka kamu bisa asyik menikmati pemandangan alami yang indah di air terjun ini. Ada berbagai wahana yang juga bisa kamu nikmati mulai dari paint ball, fun tubing hingga menyusuri taman labirin.

Kamu yang ingin merasakan asyiknya berbagai wahana yang ada di Coban Rondo, maka kamu perlu membeli tiket tambahan ya karena harga tiket masuk yang kamu bayarkan tidak include dengan biaya menikmati wahana.

 

Aktivitas Menarik

Ada berbagai aktivitas yang bisa kamu nikmati lho ketika mengunjungi wisata air terjun Coban Rondo, apa saja ya?

1.     Camping di Air Terjun Coban Rondo

Foto: Instagram/ @cobanrondomalang

Kamu yang mungkin datang bersama rombongan teman-teman, boleh lho untuk mencoba camping di air terjun ini. Pengelola Coban Rondo telah menyediakan tempat untuk  berkemah sekaligus peralatannya lengkap untuk kamu sewa.

2.     Hunting Foto

Air Terjun Coban Rondo
Foto: Instagram/ @call_me_kacrut

Suka sekali berburu foto-foto dengan spot menarik? Coban Rondo adalah yang paling tepat. Di sini, kamu bisa menyaksikan berbagai macam spot indah untuk koleksi foto kamu.

3.     Trekking di Air Terjun Coban Rondo

Di Coban Rondo, kamu bisa lho mencoba untuk trekking. Pihak pengelola wisata telah membuat jalur untuk bisa wisatawan susuri. Akses untuk menyusuri jalan trekking ini cukup mudah untuk dilalui oleh siapa saja.

4.     Bersepeda

Kalau kamu tidak kuat untuk trekking, coba deh untuk bersepeda mengelilingi jalur yang ada di Coban Rondo. Banyak kok sepeda yang disewakan di kawasan wisata ini, kamu bisa bebas untuk berkeliling menyusuri pemandangan indah Coban Rondo.

5.     Berkuda

Foto: Instagram/ @cobanrondomalang

Di Coban Rondo ada kuda-kuda yang disewakan untuk kamu yang ingin menikmati keindahan air terjun. Trekking menjadi lebih mudah dengan menyewa kuda-kuda di wisata ini.

6.     Fun Tubing di Air Terjun Coban Rondo

Foto: Instagram/ @exsotis_malang

Nah, kalau aktivitas wisata satu ini sangat cocok untuk kamu yang suka bermain dengan air. Fun tubing ini merupakan aktivitas berenang dengan menyusuri sungai yang ada di Coban Rondo dengan menggunakan baju pelampung dan ban.

7.     Bermain di Labirin

Selanjutnya, Taman Labirin merupakan permainan baru dari Coban Rondo yang baru dibuat pada tahun 2019. Taman ini menjadi spot foto yang menarik banyak wisatawan. Di taman ini, kamu harus menelusuri labirin dan temukan jalan keluarnya.

8.     Melihat Penangkaran Satwa

Aktivitas terakhir yang sangat menyenangkan untuk kamu coba adalah mengunjungi wahana penangkaran satwa di Coban Rondo. Di sini, kamu bisa menyaksikan berbagai macam satwa liar yang lucu dan juga berbagai tanaman buah.

Foto: Instagram/ @misbahul_umam_____99

Fasilitas dalam Wisata

Wisata Coban Rondo memiliki fasilitas wisata yang terbilang sangat lengkap. Pemerintah daerah telah mengelola kawasan wisata ini dengan sebaik mungkin dengan menyediakan berbagai fasilitas wisata seperti:

  1. Toilet
  2. Tempat ibadah
  3. Kamar mandi
  4. Parkir Luas
  5. Warung Makan
  6. Gazebo
  7. Wahana permainan
  8. Penginapan
  9. Toko Souvenir

 

Tips Berlibur

Buat kamu yang ingin berwisata ke Coban Rondo, coba ikuti tips agar wisata kamu menjadi lebih tenang dan nyaman di bawah ini:

 

  1. Pastikan kendaraan kamu sudah diservis sebelumnya karena medan ke Coban Rondo cukup menantang.
  2. Gunakan alas kaki berupa sandal gunung maupun sepatu agar lebih nyaman dalam trekking ke wisata Coban Rondo.
  3. Siapkan perbekalan yang cukup selama melakukan trekking di Coban Rondo.
  4. Bawa baju ganti untuk kamu yang memang ingin bermain air dan berenang di wisata Coban Rondo.
  5. Siapkan tenaga sebab dari tiket masuk menuju ke obyek wisata membutuhkan trekking yang cukup panjang.
  6. Buat kamu yang ingin hunting foto, pastikan kalau kamera kamu sudah terisi penuh baterainya.

 

Air terjun Coban Rondo menyimpan banyak sekali wahana permainan yang sangat cocok untuk kamu kunjungi bersama keluarga. Pemandangan di air terjun ini juga sangat indah dan mampu menghipnotis siapapun yang menyaksikannya.

Tinggalkan komentar