Blue Lagoon Jogja

Blue Lagoon Jogja. Bagi kamu yang suka menonton anime-anime Jepang tentu sudah tidak asing lagi bukan dengan istilah pemandian air panas di tempat terbuka? Nah, Indonesia ternyata juga memiliki wisata pemandian alami meski bukan air panas yaitu di Blue Lagoon Jogja.

Wisata alam ini menawarkan fasilitas utama berupa pemandian alami di tempat terbuka dan dikelilingi oleh pepohonan rindang. Air di pemandian alami ini berasal dari sumber mata air langsung sehingga terasa sejuk dan juga bersih. Warna airnya biru dan kehijauan membuat siapapun semakin betah berendam.

Tempat wisata Blue Lagoon Jogja masih belum banyak dikunjungi oleh wisatawan membuat tempat ini sangat tenang dan damai saat digunakan untuk berendam. Kamu dapat pergi ke tempat pemandian alami ini bersama teman ataupun keluarga. Air yang sejuk dan segar akan membuatmu merasa rileks.

Blue lagoon jogja
Foto: Instagram/ @mingfadz2020

Alamat dan Lokasi

Blue Lagoon sebenarnya adalah kolam air yang sumber mata airnya berasal dari tiga lokasi. Jika kamu penasaran dan ingin mengunjungi pemandian alam ini, kamu tinggal datang ke alamat Blue Lagoon di Desa Dalem, Widodomartani, Ngemplak, Kabupaten Sleman, Provinsi Yogyakarta.

Untuk mencapai lokasi pemandian alam ini, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi roda dua dan roda empat. Rute menuju tempat wisata alam ini tidak terlalu sulit. Apabila kamu berangkat dari Kota Yogyakarta, maka kamu tinggal jalan di sepanjang Jalan Kaliurang Yogyakarta.

Jalan lurus terus hingga kamu mencapai pertigaan Besi-Jangkang. Pertigaan Besi Jangkang berada di Jalan Kaliurang km 13. Sampai di pertigaan Besi Jangkang, belok kanan dan ikuti jalan raya yang ada. Jalan lurus terus sampai kamu mencapai Pasar Jangkang.

Di pertigaan Pasar Jangkang selanjutnya ambil arah ke kanan. Dari pertigaan Pasar Jangkang ini, hanya butuh berkendara sekitar 100 meter saja dan kamu sudah bisa mencapai Blue Lagoon. Untuk membantu kamu agar tidak tersesat, pihak pengelola wisata juga sudah memasang petunjuk jalan di sini.

 

Jam Buka

Pengunjung dapat berwisata dan menikmati air yang jernih di Blue Lagoon dari pukul 6 pagi sampai pukul 5 sore. Tempat wisata pemandian alam ini buka setiap hari Senin hingga hari Minggu. Kamu dapat melarikan diri dari panasnya kota Jogja dengan berlibur ke tempat ini yang buka setiap hari.

 

Harga Tiket Masuk Blue Lagoon Jogja

Biaya tiket masuk ke lokasi pemandian alam Blue Lagoon sangat murah daripada biaya tiket masuk wisata alam lainnya. Dengan biaya mulai dari Rp10.000 saja, kamu sudah bisa bebas masuk dan menikmati seluruh fasilitas yang ada di lokasi.

Tiket Rp10.000 tersebut berlaku baik di hari weekend dan hari kerja. Bahkan, biaya Rp10.000 tersebut sudah termasuk biaya parkir untuk kendaraan roda empat dan roda dua. Setiap pengunjung yang datang juga sudah mendapatkan gratis satu gelas air hangat seperti lemon tea dan teh manis.

 

Aktivitas Menarik di Blue Lagoon Jogja

Semua jenis kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan di sini tentu saja akan berhubungan dengan air. Di kolam yang airnya terus mengalir dari sumber mata air murni ini memungkinkan kamu untuk berolahraga air dengan seru.

1. Bermain Air, Berendam dan Berenang

Blue lagoon jogja
Foto: Instagram/ @id.pardidu

Blue Lagoon Jogja sebenarnya merupakan kolam air yang sumber airnya berasal langsung dari mata air mengalir. Di sekeliling kolam terdapat batu-batu sungai berukuran besar yang membatasi kolam dengan daratan di luarnya.

Bahkan, bebatuan besar juga terdapat di bagian bawah kolam. Para pengunjung dapat menceburkan diri ke dalam kolam untuk merasakan keseruan bermain air di kolam Blue Lagoon. Karena ukuran kolam yang cukup dalam, membuat aktivitas menceburkan diri ke dalam air tetap aman dilakukan.

Kamu bisa berendam selama berjam-jam di sini sembari menghirup udara segar dari pepohonan di sekitar kolam. Apalagi pihak pengelola wisata juga menyewakan ban yang bisa digunakan untuk berendam. Rasakan nyenyaknya tidur-tiduran di atas air sejuk dan alami.

Kamu yang penasaran seperti apa rasanya berendam di kolam untuk putri kerajaan zaman dahulu dapat mencoba berendam di Blue Lagoon. Apalagi, kolam ini berbentuk seperti ceruk yang memiliki bebatuan alam di sekitarnya.

Kamu juga bisa berlomba renang dengan teman-temanmu untuk membuat wisatamu semakin seru. Apalagi ukuran kolam Blue Lagoon juga cukup panjang dan tentunya seru jika dibuat berenang.

2. Merasakan Relaksasi di Bawah Pancuran Air

Foto: Instagram/ @rafandra

Aktivitas seru lainnya yang bisa kamu lakukan di sini adalah duduk di bawah pancuran air. Tidak sekedar duduk bersantai di bawah pancuran air, kamu akan merasakan rasanya dipijat langsung oleh air alami. Apalagi dengan guyuran air yang cukup deras akan membuat tubuhmu terasa lebih rileks.

3. Berfoto di Blue Lagoon Jogja

Blue lagoon jogja
Foto: Instagram/ @slemanwisata

Ada banyak spot menarik yang bisa kamu gunakan untuk mengambil foto eksotik. Dengan latar bebatuan besar dan air yang jernih, dijamin akan membuat fotomu tampak unik dan menarik.

 

Fasilitas dalam Wisata

Meski masih cenderung baru, tempat wisata Blue Lagoon sudah dibekali oleh berbagai macam fasilitas umum untuk memudahkan para pengunjung seperti:

1. Gazebo

Pihak pengelola tempat wisata Blue Lagoon Jogja sudah membangun beberapa gazebo berukuran kecil di sekitar kolam air. Gazebo ini dapat digunakan oleh pengunjung yang kelelahan dan ingin mengistirahatkan tubuhnya setelah berenang dan berendam.

Gazebo ini berada di bawah rimbunnya pepohonan hijau yang membuat udara terasa semakin segar. Kamu bisa menyantap bekal makan siangmu di sini sembari bercanda riang dengan keluarga atau teman.

2. Warung Makan

Ada beberapa warung makan yang berjualan di sekitar area Blue Lagoon. Warung makan ini dijalankan secara mandiri oleh warga setempat. Ada berbagai jenis makanan yang dijual di warung makan ini seperti gorengan, mie instan, hingga minuman ringan.

Jika kamu lupa membawa bekal maka kamu tidak perlu khawatir. Karena ada banyak warung makan yang berjualan di sekitar area.

3. Tempat Parkir

Pengelola menyediakan area parkir yang cukup luas untuk menampung kendaraan dari para wisatawan.

4. Tempat Ibadah

Sudah dibangun mushola yang dapat digunakan oleh wisatawan muslim yang ingin melaksanakan ibadah sholat.

 

Tips Berlibur di Blue Lagoon Jogja

Dengan air yang biru dan jernih membuat lokasi wisata ini banyak disukai oleh mahasiswa dari Kota Pelajar ini. Meski pemandian alam ini sangat nyaman kamu kunjungi kapan saja, ada beberapa tips untuk kamu sebelum berkunjung.

Karena lokasinya yang berada di alam terbuka, air di kolam sangat mudah menjadi keruh terutama saat musim hujan tiba. Oleh karena itu hindari pergi berwisata ke Blue Lagoon saat musim hujan. Sebaiknya berkunjung saat jarang hujan agar kamu lebih nyaman menikmati wisata pemandian air alaminya.

 

Blue Lagoon Jogja menawarkan pengalaman berwisata air yang unik dan tentunya tidak akan membuatmu bosan. Kamu dapat mencoba petualangan lebih menantang dengan menceburkan diri dari ketinggian. Tempat wisata ini adalah deskripsi sesungguhnya dari kebebasan sekaligus ketenangan.

Tinggalkan komentar