Brown Canyon Semarang

Brown Canyon Semarang konon merupakan sebuah tempat bekas penambangan di kawasan Meteseh, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Bekas pertambangan ini kemudian menjadi sebuah lokasi yang hampir mirip dengan Grand Canyon-nya negara Amerika.

Nah, kawasan bekas pertambangan ini tidak terawat dan masyarakat sekitar pun akhirnya banyak yang berkunjung ke tempat ini sebagai lokasi wisata.

 

Mitosnya sih, kawasan ini tidak sengaja menjadi sebuah destinasi wisata sampai akhirnya populer menjadi tempat foto yang estetik dan Instagramable. Asal-usul Brown Canyon hanyalah  tempat yang dulunya dijadikan pertambangan dan penggalian.

 

Proyek di kawasan ini kemudian mangkrak hingga 10 tahun lamanya dan ada salah satu warga sekitar yang mengabadikan keindahan kawasan ini dan jadilah fotonya viral di Instagram.  Wah, tidak perlu jauh-jauh ke Grand Canyon, dong jika bisa berfoto dengan background yang sama?

Brown Canyon Semarang
Foto: Instagram/ @evienas

Alamat dan Lokasi

Kalau kamu mencari alamat wisata ini, kamu bisa datang saja ke  daerah Rowosari, Meteseh. Kawasan ini sangat populer dan tempatnya bisa terlihat jelas ketika kamu sudah datang ke Rowosari.

 

Tidak ada papan petunjuk untuk bisa menemukan tempat ini, karena memang tempat ini bukanlah wisata yang dibuka secara resmi.

 

Kalau kamu ingin datang ke kawasan wisata yang unik ini, ada baiknya jika kamu menggunakan mobil tipe SUV mengingat kawasan ini mempunyai jalan yang terjal. Mau menggunakan sepeda motor juga bisa kok!

 

Hanya saja kamu harus membawa jaket, masker dan helm sebab debu di kawasan Brown Canyon ini sangat banyak. Kamu yang mungkin alergi terhadap debu perlu berhati-hati ketika mengunjungi wisata ini.

 

Selesai berburu foto di Brown Canyon, kamu bisa datang mengunjungi destinasi lainnya. Ada beberapa wisata dekat Brown Canyon Semarang yang bisa kamu kunjungi seperti Bukit Durenan Asri, Kampung Wisata Blancir hingga Bukit Diva Anabel.

Jam Buka

Brown Canyon Semarang bukanlah sebuah tempat wisata resmi yang dibuka oleh pemerintah daerah, jadi tidak ada petugas yang menjaga kawasan ini. Destinasi terbaik untuk hunting foto Semarang ini buka selama 24 jam.

 

Kamu bebas berkunjung pada jam berapapun. Ada baiknya sih jika kamu datang ke wisata ini pada pagi atau sore hari saat suasananya masih cerah dan tidak terlalu panas cuacanya.

 

Saat siang hari, kawasan ini menjadi sangat panas dan debu juga sudah mulai banyak yang bertebaran. Pastikan kamu datang di saat yang tepat agar bisa menemukan spot foto terbaik di sini.

 

Harga Tiket Masuk Brown Canyon

Tidak ada tiket masuk Brown Canyon Semarang. Wisata hunting foto ini bebas untuk kamu kunjungi kapan saja tanpa ada retribusi. Biaya untuk parkir motor sendiri juga tidak ada karena kawasan ini masih belum dikelola dengan baik.

Suatu saat mungkin kawasan wisata ini akan menjadi sebuah tempat seperti perumahan atau bangunan lainnya. Bisa juga diubah menjadi kawasan wisata sepenuhnya. Namun untuk saat ini, pemerintah daerah Kota Semarang masih belum mengelola Brown Canyon secara resmi.

 

Ulasan tentang Lokasi

Brown Canyon Semarang
Foto: Instagram/ @muhammadiqbalmi84

Kamu mungkin pernah menyaksikan program TV bernama My Trip My Adventure? Nah, program dari TV swasta yang sempat populer itu pernah menjadikan lokasi Brown Canyon ini sebagai tempat shooting-nya.

Semenjak itu, banyak sekali wisatawan yang datang mengunjungi tempat wisata ini untuk sekedar berfoto. Background pemandangan  tempat ini sangat mirip dengan Grand Canyon-nya Amerika Serikat. Tidak heran jika pada akhirnya banyak sekali yang datang mengunjungi kawasan ini.

Bahkan, yang datang mengunjungi tempat wisata ini tidak hanya pengunjung lokal saja, namun juga dari berbagai negara.

Meskipun kawasan wisata ini masih belum menjadi wisata yang resmi dikelola pemerintah daerah, banyak sekali wisatawan dari dalam negeri dan luar yang tetap ingin melihat megahnya pesona alam dari Brown Canyon.

Di Semarang masih jarang sekali ada wisata alami untuk dikunjungi. Rata-rata wisata alami dengan spot pemandangan indah bisa didapatkan di Semarang bagian atas, yakni Bandungan.

Oleh sebab itu, kehadiran kawasan Brown Canyon ini memberi atmosfir baru bagi wisata alam di Semarang. Warga lokal Semarang dan wisatawan lainnya bisa menyaksikan pemandangan indah sebagai alternatif wisata baru di ibu kota Jawa Tengah ini.

Banyak sekali spot foto yang ditawarkan oleh Brown Canyon yang bisa untuk kamu bidik. Saking banyaknya spot yang bisa untuk dibidik, maka banyak fotografer yang menjadikan Brown Canyon ini sebagai tempat untuk prewedding.

 

Hal yang Menarik dari Lokasi

Apa sih yang menarik dari Brown Canyon? Jika ditanya hal demikian, sebenarnya ada banyak sekali lho hal menarik yang bisa kamu temukan ketika mengunjungi wisata ini, apa saja ya itu?

1.     Spot Foto Unik di Brown Canyon

Foto: Instagram/ @browncanyonsemarang

Ada banyak sekali lho spot foto unik di kawasan wisata Brown Canyon ini. Tebing-tebingnya yang indah  membentuk background alami untuk hunting foto. Rata-rata orang yang mengunjungi tempat ini karena ingin membidik spot foto.

 

Kamu bisa mengambil gambar dengan background batu-batu besar di kawasan ini yang menjulang tinggi. Adapula spot foto bagus di antara 2 tebing Brown Canyon yang fenomenal. Jika kamu memiliki teknik foto yang bagus, maka yakinlah bahwa hasil foto yang kamu bidik pasti akan tampak sempurna.

 

2.     Kolam Alami

Brown canyon semarang
Foto: Instagram/ @browncanyonsemarang

Batu dan tebing yang di Brown Canyon memang menjadi daya tarik yang bagus di wisata ini, namun adapula spot lainnya yang tidak kalah menarik, yakni kolam alami.

 

Di kawasan tempat wisata ini, ada kolam alami dengan bentuk yang memanjang dan menjadi pusat perhatian para wisatawan. Kolam alami ini bukan berfungsi untuk berenang, ya! Tetapi kolam ini hadir untuk menjadi spot foto yang estetik.

 

Kolam ini mempunyai letak yang indah karena lokasinya ada di tengah-tengah batu dan pasir. Letak kolam inilah yang menjadi pemandangan bagus untuk spot foto sekaligus menyegarkan mata pengunjung.

 

Uniknya, kolam di kawasan wisata ini terbuat secara alami, lho! Alias tidak disengaja. Awalnya, kolam ini hanyalah sebuah lubang besar yang berada di tengah-tengah tebing, sampai akhirnya lubang itu terisi dengan air hujan dan terbentuklah kolam alami berwarna hijau.

 

3.     Spot Foto untuk Prewedding di Brown Canyon

Foto: Instagram/ @sinta_nursavitri

Buat kamu yang sedang bingung mencari spot foto bagus untuk lokasi prewedding, coba deh datang ke Brown Canyon. Batu-batu berwarna cokelat yang ada di kawasan wisata ini membentuk relief yang indah, sehingga bagus sekali menjadi spot foto untuk prewedding kamu dan pasangan.

 

Batu dan tebing menjadi spot foto andalan para fotografer untuk membidik gambar. Adapula beberapa tanaman liar yang tumbuh di kawasan ini yang menjadi elemen pelengkap untuk spot foto prewedding kamu.

 

Prewedding di lokasi ini gratis, lho! Kamu tidak akan diminta retribusi. Hanya saja, kamu harus siap-siap menerima konsekuensi debu yang mungkin banyak menempel di pakaian atau kostum preweddingmu.

 

Kamu yang mungkin sedang mencari spot wisata gratis dan dekat dari pusat kota Semarang, cobalah untuk datang ke sini. Kawasan wisata ini menyajikan spot foto yang beragam dan pastinya sangat estetik, cocok untuk kamu yang suka mengoleksi foto-foto Instagramable.

Tinggalkan komentar