Bukit Moko

Bukit Moko. Bandung adalah salah satu tujuan wisata.  Banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke kota ini.

Jika kamu bosan dengan suasana kota, mungkin Bukit Moko bisa menjadi tujuan wisata yang cocok untuk kamu. Bukit Moko dikenal dengan pemandangannya yang alami dan indah.

Selain itu, suasana di sana juga cukup romantis, sehingga banyak orang yang datang bersama orang-orang terkasih. Berbeda dengan tempat wisata lainnya yang ada di Bandung, tempat ini lebih menawarkan suasana alam yang menakjubkan dengan pemandangannya yang indah.

Walaupun begitu, tempat wisata ini belum terlalu lama diresmikan. Terletak di kawasan puncak tertinggi yang mencapai 1.500 meter di atas permukaan laut membuat siapa saja akan merasakan udara yang lebih dingin dan sejuk.

Pengalaman lainnya adalah kamu akan merasa seolah-olah berada di atas langit sambil memegang awan.

 

Lokasi Bukit Moko

Bukit Moko merupakan objek wisata alam yang terletak di Bandung. Alamat lengkapnya yaitu di Kampung Buntis Bongkor, Desa Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Tempat wisata ini juga dilalui angkutan umum yang semakin memudahkan banyak pengunjung dari luar kota.

Jaraknya hanya sekitar 16,9 km dari Bandara Husein Sastranegara, 16.3 km dari Stasiun Bandung, dan sekitar 19 km dari Terminal Leuwipanjang. Apabila kamu berada di pusat Kota Bandung, jarak ke Bukit Moko hanya sekitar 15 menit.

Jam Buka

Sebelumnya tempat ini  buka mulai dari pukul 05.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB dengan hari operasional dari hari Senin dan Minggu.

Namun, berdasarkan berita terbaru lokasi ini buka dari pukul 05.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB. Bagi pengunjung yang ingin datang sore hari atau malam hari perlu hati-hati karena medan jalan untuk menuju lokasi yang sedikit sulit.

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati tempat wisata ini, kamu perlu membayar tiket masuk yang berkisar mulai dari Rp. 15.000. Untuk hari kerja dari hari Senin sampai Jumat harga tiket masuk yaitu Rp. 15.000.

Sementara itu, harga tiket masuk pada akhir pekan yaitu Sabtu dan Minggu atau hari libur adalah Rp. 25.000. Jika kamu ingin masuk ke kawasan wisata Puncak Bukit Bintang yang ada di Bukit ini maka kamu perlu membayar lagi tiket masuk sebesar Rp. 8.000 per orang.

Selain Puncak Bintang, kamu juga perlu membayar Rp. 10.000 untuk memasuki lokasi Warung Daweung.

Aktivitas Menarik di Bukit Moko

Terlepas dari pemandanganya yang indah, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas menarik di tempat wisata Bukit Moko. Berikut merupakan beberapa aktivitas menarik yang dapat kamu lakukan, yaitu:

  1.   Menikmati keindahan Bukit Moko

Bukit Moko
Foto: Instagram/ @rumahbandung

Hutan pinus yang terdapat di kawasan Bukit ini memiliki daya tarik tersendiri untuk para wisatawan yang datang. kamu tidak akan merasa kesulitan berjalan-jalan di area hutan, karena telah terdapat jalur trekking.

Banyak orang yang mengabadikan keindahan pohon pinus sambil berjalan melalui jalur trekking yang ada. Cuaca yang sejuk juga membuat kegiatan berjalan-jalan di hutan pinus menjadi lebih menarik dan tidak akan kamu lupakan. Waktu favorit untuk datang ke Bukit Moko yaitu sore hari.

Setelah trekking melewati area hutan pinus, kamu akan melihat pemandangan Kota Bandung dari ketinggian yang menakjubkan. Selain keindahan sunset, kamu juga bisa melihat gemerlap lampu saat malam hari. Sehingga, berkunjung ke Bukit Moko tidak pernah terasa membosankan.

  1.   Berfoto ria

 

Lokasi dan pemandangan Bukit yang indah sangat cocok untuk kamu yang memiliki hobi fotografi. Terdapat banyak objek menarik yang dapat diabadikan menggunakan kamera.

Kamu bisa mengambil gambar pemandangan hutan, perkebunan, atau sekedar foto diri dengan latar belakang yang indah. Banyak juga orang yang melakukan pemotretan komersial untuk berbagai kebutuhan.

Bukit Moko juga termasuk tempat favorit untuk banyak pasangan melakukan foto pre-wedding. Namun, tentu saja hal tersebut harus kamu bicarakan dulu dengan pihak pengelola, karena biasanya terdapat biaya tambahan.

  1.   Camping di Bukit Moko

Bukit Moko
Foto: Instagram/ @pergi.in

Aktivitas menarik yang dapat kamu lakukan di sini adalah camping. Kegiatan ini sangat cocok kamu lakukan dengan teman-teman. Di sana juga terdapat sewa tenda yang dapat kamu gunakan untuk camping.

Harga camping di tempat ini adalah Rp. 25.000 per orang. Area camping ground Bukit Moko berada di kawasan hutan pinus. Jika kamu menginap di camping ground, kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbit di Bukit Moko.

  1.   Jajan-jajan di warung

Saat berkunjung ke tempat wisata belum lengkap jika belum mencoba makanan yang dijual. Di Bukit Moko terdapat tempat jajan yang terkenal dengan nama Warung Daweung. Daweung sendiri berasal dari Bahasa Sunda yang artinya melamun.

Fasilitas dalam Wisata

Foto: Instagram/ @guvies

Bukit Moko adalah salah satu objek wisata yang telah dikelola dengan manajemen khusus, sehingga fasilitas yang ada di sana telah sesuai dengan standar tempat wisata. Fasilitas yang ada, misalnya toilet, mushola, dan area parkir yang dirawat dengan baik.

Selain itu, kamu juga dapat menikmati berbagai hidangan yang dijual di warung lesehan dengan harga yang cukup terjangkau.

Tips Berlibur di Bukit Moko

Bagi kamu yang belum pernah berkunjung ke Bukit Moko, kamu memerlukan beberapa tips agar pengalaman liburan di sini semakin menyenangkan. Beberapa tips berlibur untuk kamu yang ingin mengunjungi tempat wisata ini, yaitu:

  •   Datang saat hari kerja

Bukit Moko termasuk salah satu tempat wisata yang sudah ramai didatangi oleh banyak pengunjung. Untuk bisa merasakan sensasi tempat ini yang lebih tenang, lebih baik pergi saat hari kerja atau dari hari Senin sampai Jumat.

Biasanya di hari kerja, keadaan Bukit Moko tidak akan terlalu ramah. Sehingga, kamu bisa merasakan keindahan bukit dengan nyaman dan tidak terlalu ramai

  •   Datang saat pagi atau sore hari

Pengunjung yang datang ke tempat ini tentu berharap bisa menikmati pemandangan yang indah. Waktu yang tepat untuk menikmati pemandangan dari Bukit ini yaitu saat pagi atau sore hari. Jika kamu ingin menikmati udara pagi, kamu bisa berangkat sekitar pukul 03.00 WIB dan tiba di lokasi sekitar pukul 05.00 WIB sampai 06.00 WIB.

Kamu akan menikmati pemandangan kabut tebal di atas Kota Bandung yang dapat kamu nikmati dari ketinggian. Namun, kamu juga bisa mengunjungi Bukit ini di sore hari untuk melihat pemandangan matahari terbenam atau sunset.

Usahakan sudah berada di lokasi sekitar pukul 16.00 WIB, kamu bisa menikmati pemandangan sambil menunggu saat matahari terbenam.

  •   Berhati-hati saat di perjalanan

Rute jalan atau jalur menuju Bukit Moko belum bisa dikatakan bagus dan cenderung licin. Bagi kamu yang membawa kendaraan roda dua atau roda empat tentu saja harus ekstra hati-hati.

Utamakan keselamatan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya jatuh, slip ban, atau tergelincir.

  •   Mengenakan pakaian hangat

Saat pergi menggunakan kendaraan roda dua, tentu kamu harus mengenakan pakaian yang tebal dan hangat. Selain itu, udara di kawasan ini juga akan lebih dingin dibandingkan di wilayah kota, sehingga menggunakan pakaian hangat akan membuat kamu lebih nyaman.

 

Jika kamu tidak ingin jajan, kamu juga bisa membawa bekal makanan atau minuman dari rumah. Namun, tentu saja tidak ada salahnya untuk mencoba berbagai jajanan yang dijual di kawasan wisata Bukit Moko.

Bagaimana tertarik untuk datang ke sini?

Tinggalkan komentar