Bukit Sekipan

Bukit Sekipan merupakan salah satu spot wisata terbaik di Jawa Tengah yang cocok kamu kunjungi baik bersama teman ataupun keluarga. Tempat wisata yang berlokasi di daerah perbukitan wilayah Tawangmangu Karanganyar ini menawarkan berbagai wahana keren dengan spot foto Instagramable.

Berlokasi di wilayah Karanganyar, tak heran jika Bukit Sekipan menyimpan potensi wisata alam yang sangat mengagumkan. Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan alam, wahana yang menakjubkan serta tempat terbaik untuk spot foto.

Bukit sekipan
Foto: Instagram/ @solo_mempesona

Alamat dan Lokasi

Bukit Sekipan berlokasi di Desa Kalisoro, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Dari pusat Kabupaten Karanganyar, tempat wisata ini terletak sekitar 24 km lewat Jalan Lawu. Sementara itu, dari pusat Kota Solo, tempat wisata ini terletak sekitar 44 km melalui Jalan Lawu.

Ada banyak opsi jalan menuju tempat wisata Sekipan baik dari arah timur dan arah barat. Dari arah barat, baik Solo, Jogja dan Semarang, kamu harus menempuh perjalanan menuju Kecamatan Tawangmangu melalui Solo. Sampai di areal Pasar Tawangmangu, selanjutnya jalan lurus menuju Sarangan.

Selanjutnya, setibanya di Kantor Kelurahan Kalisoro, kamu tinggal belok ke kanan untuk menuju bumi perkemahan Sekipan. Sementara jika kamu dari arah timur seperti Magetan, maka kamu harus melalui wilayah Cemoro Sewu dan Cemoro Kandang.

Rute yang bisa kamu lalui adalah dari Jalan Sarangan menuju Jalan Gonggang Karangudi. Selanjutnya jalan terus hingga bertemu Jalan Matesih Tawangmangu. Jalan terus sampai di Jalan Lawu. Di pertigaan Homestay Sahabat, kamu ambil jalan belok ke kiri ke arah Jalan Sekipan.

Jam Buka

Wahana Bukit Sekipan buka setiap hari dalam seminggu. Kamu bisa mengunjungi spot wisata ini pada pukul 8 pagi sampai pukul 6 sore. Sementara khusus untuk taman lampion, maka wahana ini hanya buka pada hari Sabtu mulai pukul 6 sore sampai pukul 10 malam.

 

Harga Tiket Masuk Bukit Sekipan

Harga tiket masuk ke spot wisata Sekipan terbagi menjadi dua jenis, yakni tiket terusan dan tiket reguler. Untuk tiket reguler, maka harganya sebesar Rp50.000. Sementara untuk tiket terusan harga yang dibanderol sebesar Rp100.000.

Tiket reguler sudah termasuk biaya masuk ke bukit secara keseluruhan dan juga masuk ke wahana bebek air, kampung Halloween, miniatur dunia, mini zoo, kapal titanic, replika presiden Indonesia, kampung 3D dan goa hantu.

Jika kamu membeli tiket terusan, maka kamu bisa masuk ke wahana yang sudah disebutkan pada tiket reguler ditambah dengan beberapa wahana lainnya seperti monorail, kiddy carrossel, super rally, kora-kora, bombom car, kereta mini dan kincir-kincir.

Kemudian, jika kamu memilih membeli tiket reguler dan ingin masuk ke wahana yang tidak terdapat di daftar tiket reguler, maka kamu harus membayar tiket sesuai jenis wahana yang ingin dimasuki:

  • Kora-kora: Rp15.000
  • Kereta mini: Rp10.000
  • Super rally: Rp20.000
  • Mini coaster: Rp25.000
  • Kursi terbang: Rp15.000
  • Bom bom car: Rp25.000
  • Monorail: Rp20.000
  • Kiddy boat: Rp10.000
  • Komidi putar: Rp10.000

 

Obyek Menarik di Bukit Sekipan

Dengan harga yang tidak bisa dibilang murah, Bukit Sekipan menawarkan banyak sekali spot-spot wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan.

1. Spot Foto dan Taman

bukit sekipan
Foto: Instagram/ @bukitsekipan

Pertama, spot foto unik yang terkenal di sini adalah Kapal Titanic, Miniatur Dunia, Replika Presiden dan lainnya. Salah satu spot foto yang sayang untuk kamu lewatkan adalah Sakura Hills atau Kampung Jepang.

Kampung ini sebenarnya berupa wisata alam dengan nuansa Jepang alami karena banyak tumbuh bunga sakura asli khas negeri matahari terbit.

2.  Waterboom Bukit Sekipan

Foto: Instagram/ srisetyoningsih78

Selanjutnya, terdapat waterboom mini di areal wisata yang cocok untuk wahana bermain anak-anak dan keluarga.

3.  Taman Lampion

Bagi kamu yang suka menikmati pertunjukkan di malam hari, Bukit Sekipan juga menyajikan pertunjukkan yang hanya ada di sabtu malam yakni Sekipan Night (Taman Lampion). Di sini, kamu bisa menyaksikan keindahan lampion yang menyala di kegelapan malam.

Selanjutnya, nuansa yang tercipta berkat sinar lampion yang temaram akan membuat hati terasa hangat dan damai. Harga tiket taman lampion sebesar Rp50.000 dan sudah termasuk tiket untuk masuk ke wahana bebek air, waterboom, goa hantu, kampung Halloween, mandi bola, miniatur dunia, mini zoo dan lainnya.

4.  Rumah Halloween

Rumah Halloween adalah spot paling diincar di Bukit Sekipan. Di sini, kamu bisa melihat berbagai patung berbentuk hantu.

5. Camping

Foto: Instagram/ @epent_arifin

Bumi perkemahan Sekipan atau Sekipan Camp adalah salah satu spot wisata dekat Sekipan yang paling banyak dituju pecinta alam. Di sini, wisatawan bisa menikmati suasana berkemah di alam terbuka. Harga tiket camping di bumi perkemahan Sekipan adalah Rp7.500 per orang per malamnya.

6. Outbond di Bukit Sekipan

Bukit Sekipan juga menyediakan berbagai wahana permainan outbound bagi kamu yang menyukai tantangan. Jika kamu tertarik untuk merasakan permainan outbound di Sekipan, maka sebaiknya kamu langsung membeli tiket paket outbound sebesar Rp150.000. Tiket tersebut sudah meliputi:

  • Makan siang
  • Makan pagi
  • Termasuk tiket masuk ke areal wisata senilai Rp50.000
  • Menikmati permainan outbound sebanyak 15 jenis permainan

 

Fasilitas dalam Wisata

1. Aula

Pertama, Bukit Sekipan menyediakan ruangan aula yang bisa kamu sewa oleh para pengunjung. Ruang aula ini dapat digunakan untuk menyelenggarakan pertemuan ataupun acara. Biaya sewa aula tergolong murah yakni hanya Rp50.000-an saja per malamnya.

2. Tempat Parkir

Selanjutnya, spot wisata ini juga menyediakan lahan luas yang berfungsi sebagai tempat parkir.

3. Toilet

Pihak pengelola tempat wisata Sekipan juga sudah menyediakan beberapa toilet yang bisa digunakan oleh pengunjung saat berwisata. Toilet selalu dibersihkan setiap hari untuk menjaga kebersihannya.

4. Penginapan di Bukit Sekipan

Pihak pengelola tempat wisata Sekipan sudah menyediakan akomodasi khusus bagi para pengunjung yang ingin menginap di sekitar area wisata. Akomodasi yang tersedia di sekitar tempat wisata adalah hotel dan juga villa.

Fasilitas yang ditawarkan sangat lengkap meliputi dapur, toilet, gazebo, jaringan Wi-Fi, ruang tamu, TV dan 4 kamar tidur. Harga menginap berbeda-beda bergantung dari fasilitas hingga kondisi tempat menginap yang ingin dipesan. Untuk reservasi, bisa dilakukan dengan menghubungi call center di 0271 696036.

 

Tips Berlibur

  1. Tips yang pertama yaitu gunakan alas kaki yang mendukung seperti sepatu olahraga atau sandal gunung.
  2. Sebaiknya ke Bukit Sekipan tidak saat musim penghujan agar jalur tidak becek dan dapat menikmati wahana dengan bebas.
  3. Lebih baik berkunjung sejak pagi hari agar bisa berpetualang tanpa dipanggang terik matahari.
  4. Kemudian pergi dengan kendaraan pribadi seperti motor.
  5. Pastikan kondisi kendaraan sangat mumpuni untuk melalui jalan menanjak.

Lokasi wisata Bukit Sekipan mulai dibuka untuk umum sejak bulan Juli 2015. Tempat wisata ini dikelola langsung oleh Bapak Joko Sutrisno. Pada awalnya wilayah perbukitan ini ditujukan untuk tempat latihan para tentara nasional, namun dengan bentang alam yang indah membuatnya dilirik sebagai tempat wisata.

Tinggalkan komentar