Curug Cikuluwung

Curug Cikuluwung atau juga dikenal sebagai Little Green Canyon merupakan spot wisata air terjun yang terletak di Kabupaten Bogor. Para wisatawan yang datang ke curug diperkenankan untuk bermain air di sungai ataupun kolam yang ada.

Curug ini terdiri dari dua air terjun yaitu Curug Cikuluwung 1 dan 2 yang menawarkan fasilitas dan keindahan alam sedikit berbeda meski sama-sama indah dan menarik hati. Air terjun Cikuluwung 1 adalah air terjun yang dikenal dengan adiknya Green Canyon karena memiliki tebing batuan di sekeliling curug.

Curug Cikuluwung
Foto: Instagram/ @curugcikuluwung

Alamat dan Lokasi

Curug Cikuluwung berada di areal perkampungan di Kabupaten Bogor yakni Desa Suka Asih, Pamijahan. Dari pusat kota Bogor hanya dibutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk mencapai curug. Dari pusat kota Bogor, kamu bisa mengambil jalur ke arah Dramaga dan lanjut menuju Cemplang.

Saat sampai di pertigaan Cemplang, ambil jalan ke arah Parabakti dengan melewati Pangkalan Ojek Gardu. Jarak Pangkalan Ojek Gardu ke spot curug hanya sekitar 700 meter saja.

Jam Buka

Kamu bisa mendatangi curug sekitar jam berikut ini:

  1. Pukul 09.00 sampai 11.00
  2. Pukul 13.00 sampai 15.00

 

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk ke tempat wisata Curug Cikuluwung, kamu hanya dikenakan biaya tiket masuk Rp20.000 saja. Biaya ini berlaku untuk anak-anak dan juga orang dewasa. Menariknya, harga tiket ke lokasi curug tidak berubah baik di hari libur dan hari biasa.

 

Mitos-Mitos Curug Cikuluwung

Mitos yang beredar di areal curug yaitu pengunjung tidak boleh menggunakan baju berwarna merah terutama perempuan. Selain itu, menurut cerita masyarakat terdapat panorama berupa lukisan artistik pada bebatuan curug.  Dan hanya orang tertentu saja yang bisa melihat lukisan tersebut.

 

Daya Tarik Curug Cikuluwung

Curug love Cikuluwung tidak hanya menyajikan keindahan alam dari aliran air terjun yang berasal langsung dari sumber mata air pegunungan. Spot wisata populer dari Bogor ini juga menawarkan berbagai fasilitas yang merupakan salah satu daya tarik utama curug yaitu lembah batu dan berendam.

1. Lembah Batu

Curug Cikuluwung
Foto: Instagram/ @curugcikuluwung

Khusus di Cikuluwung 1, air terjun ini dikelilingi oleh lembah bebatuan tinggi yang membuat areal air terjun sangat eksklusif. Karena adanya lembah batu yang mengelilingi air terjun membuat pengelola membatasi pengunjung yang masuk 30 saja per antriannya.

2. Air Biru

Curug Cikuluwung
Foto: Instagram/ @explorejabar_official

Pada Curug Cikuluwung 1. terdapat kolam renang berukuran kecil yang airnya berasal langsung dari air terjun. Kolam renang ini adalah kolam renang yang terbentuk alami dari bebatuan di sekeliling curug. Bagi kamu yang tidak bisa berenang tidak perlu khawatir karena titik kedalaman air di kolam termasuk dangkal.

Air di kolam Cikuluwung 1 berwarna kebiru-biruan berkat pantulan sinar matahari dari atas dan air yang jernih. Dijamin airnya yang bersih akan membuat badanmu semakin segar. Selain di Cikuluwung 1, kamu juga bisa berendam di Cikuluwung 2 meski tidak terdapat kolam yang diapit tebing batu tinggi.

 

Aktivitas Menarik

Ada banyak aktivitas menarik yang menantimu setibanya di Curug Cikuluwung. Aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini meliputi olahraga air hingga berfoto.

1. Berfoto Ria di Curug Cikuluwung

Curug Cikuluwung
Foto: Instagram/ @wisata.indonesia.cantik

Curug Cikuluwung terkenal sebagai salah satu hidden gamenya Kabupaten Bogor. Bagaimana tidak, air terjun alami berwarna biru ini dikelilingi oleh tebing bebatuan tinggi yang membuatnya tampak sangat eksotis.

Para pengunjung yang datang ke lokasi wisata ini tidak hanya dapat berenang dan berendam saja namun juga bisa mengabadikan foto di beberapa spot yang menakjubkan. Kamu bisa mengambil foto dengan latar tebing bebatuan serta air biru yang sangat jernih.

Belum lagi dengan adanya pepohonan hijau di sekeliling curu akan menambah suasana asri ke dalam fotomu.

2. Berendam

Foto: Instagram/ @bananaohnana

Aktivitas menarik saat di curug apalagi kalau bukan berendam. Hampir setiap orang yang berkunjung ke spot wisata air terjun tentu menantikan saat-saat untuk berendam dan berenang. Di air terjun ini, kamu bisa berendam di Curug Cikuluwung 1 dan Cikuluwung 2.

3. Berenang di Curug Cikuluwung

Foto: Instagram/ @curugcikuluwung

Kedua curug ini menawarkan sensasi berenang di kolam air yang bersih dengan sumber mata air langsung dari pegunungan. Airnya berwarna hijau kebiru-biruan karena berasal dari pantulan sinar matahari ke air yang jernih.

Namun, khusus di Cikuluwung 2, kamu sebaiknya tidak berenang saat musim hujan. Hal ini karena air terjun di curug ini akan berubah sangat keruh saat musim hujan. Namun, di Cikuluwung 2 kamu bisa menyewa pelampung apabila tidak bisa berenang.

 

Fasilitas dalam Wisata

1. Gazebo Curug Cikuluwung

Pihak pengelola tempat wisata curug sudah menyiapkan tempat-tempat peristirahatan khusus bagi para pengunjung. Tempat peristirahatan yang dibuat berbentuk gazebo ini dapat digunakan oleh setiap wisatawan yang hadir untuk meletakkan barang dan beristirahat setelah lelah berenang.

Sambil menghirup udara segar dari daerah pegunungan, kamu bisa bersantai dan menikmati piknik kecil di saung-saung bambu.

2. Warung Makanan

Di sekeliling areal wisata terdapat beberapa penjual makanan dan minuman ringan yang bisa kamu beli apabila merasa haus dan lapar setelah berenang di curug. Ada berbagai makanan ringan yang dijual mulai dari makanan instan seperti snack dan mie instan hingga gorengan.

Kamu juga bisa membeli minuman seperti air mineral, soft drink, es teh dan sebagainya.

3. Penginapan

Jika kamu berasal dari luar daerah Kabupaten Bogor dan ingin menghabiskan waktu lebih lama di sekitar areal Curug Cikuluwung, maka kamu bisa menyewa tempat menginap yang disediakan oleh pengelola wisata curug. Tempat menginap ini biasanya berupa homestay di rumah-rumah warga.

Untuk informasi lebih lanjut terkait tempat menginap kamu bisa menghubungi nomor pengelola wisata yaitu 081293285682.

4. Kamar Mandi

Pengelola tempat wisata Cikuluwung sudah menyediakan beberapa kamar mandi yang dapat kamu gunakan sebagai tempat berganti baju. Sayangnya, jumlah kamar mandi yang tersedia mungkin tidak terlalu banyak sehingga pengunjung harus mengantri jika ingin ganti baju.

5. Areal Parkir

Jika kamu membawa kendaraan, maka kamu akan dikenakan tarif parkir sesuai dengan jenis kendaraan yang Kamu gunakan. Untuk kendaraan berjenis motor, maka tarif parkir yang dikenakan sebesar Rp5.000 untuk seharian penuh. Sementara untuk kendaraan mobil maka tarif parkirnya sebesar Rp10.000.

6. Penyewaan Pelampung

Jika kamu membutuhkan pelampung, maka kamu bisa menyewa dari pengelola wisata dengan biaya sebesar Rp10.000 sampai Rp35.000 saja bergantung ukuran dan modelnya.

7. Areal Perkemahan di Curug Cikuluwung

Terdapat areal Camping Ground Bukit Cikuluwung untuk kamu yang ingin berkemah di dekat curug.

 

Tips Berlibur

Sebaiknya kamu menggunakan sandal gunung agar tidak mudah tergelincir saat berlibur ke Curug Cikuluwung. Hal ini mengingat kamu harus melewati belasan anak tangga menuju curug dari areal parkir dengan jalur yang licin dan terjal. Selain itu, sebaiknya hindari berlibur ke curug saat musim hujan.

Curug Cikuluwung termasuk salah satu spot wisata baru di Kabupaten Bogor karena baru buka pada tanggal 17 Juni 2018. Spot wisata ini menawarkan keindahan alam air terjun yang berasal dari sumber mata air pegunungan dengan tebing batuan yang mengapitnya.

Nah kamu sudah menyimak informasi tentang curug cikuluwung, tertarik buat main kesini?

Tinggalkan komentar