Danau Ranau

Danau Ranau. Jika Sumatera Utara mempunyai danau Toba, maka Sumatera Selatan mempunyai Danau Ranau yang tidak kalah eksotis dari danau lain di Indonesia. Airnya yang jernih dan berwarna biru pasti akan membuat setiap orang terpana dan terpesona dengan Danau Ranau.

 

Selain keindahan danau, pengunjung juga akan disuguhkan panorama Gunung Seminung yang menjulang tinggi di sebelah timur danau. Ada juga berbagai wahana permainan yang akan membuat liburanmu menjadi lebih seru dan menyenangkan.

 

Secara geografis, danau ini terbentuk karena aktivitas gunung berapi yang mengeluarkan isi perutnya hingga membentuk cekungan besar. Namun, di masyarakat sendiri juga berkembang banyak cerita tentang asal muasal Danau Ranau yang sampai saat masih menjadi misteri Danau Ranau.

 

Masyarakat setempat mengatakan bahwa di dasar Danau Ranau terdapat sebuah gua yang menjadi sarang seekor ular naga.

 

Adapula masyarakat yang mengatakan bahwa Danau Ranau terbentuk karena pohon besar yang merupakan tempat tinggal seekor burung raksasa ditebang dan mengeluarkan banyak air hingga membentuk danau.

Danau ranau
Foto: Instagram/ @romi_aprilyansa

 

Lokasi Danau Ranau

Danau ini berlokasi daerah perbatasan Kabupaten Lampung Barat yang merupakan bagian provinsi Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu bagian provinsi Sumatera Selatan. Tepatnya danau terbesar kedua di Sumatera ini terletak di Bandar Agung Ranau, Banding Agung, Kab. Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan.

 

Meskipun berada di provinsi Sumatera Selatan, danau ini lebih dekat dengan kota Bandar Lampung daripada dari kota Palembang yang merupakan ibukota provinsi tempat wisata ini berada. Dari kota Palembang, danau ini berjarak 299 km dan dapat dijangkau selama 7 jam dengan kendaraan bermotor.

 

Sedangkan jarak antara Danau Ranau dengan Bandar Lampung sekitar 232 km dan dapat ditempuh selama 5 – 6 jam menggunakan kendaraan bermotor. Sementara dari Kota Baturaja, danau ini hanya berjarak 130 km yang bisa ditempuh selama 2 jam menggunakan kendaraan bermotor.

 

Terdapat dua jalur untuk masuk ke kawasan wisata Danau Ranau Palembang, yaitu pintu gerbang Dermaga Banding Agung yang ada di bagian barat dan pintu gerbang Dermaga Muara Dua yang berada di sebelah timur danau.

Jam Buka

Tempat ini bisa kamu kunjungi pada jam 08.00 – 17.00 WIB setiap hari. Jika ingin berwisata di tempat ini kamu bisa langsung datang saja bersama keluarga atau teman pada jam operasional tersebut.

Sebaiknya jangan datang terlalu sore karena danau wisata ini hanya buka sampai pukul lima sore saja.

 

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk wisata Danau Ranau adalah Rp10.000 per orang, tetapi bisa juga berubah sewaktu-waktu. Nantinya kamu juga akan dikenakan biaya lagi jika ingin menikmati berbagai wahana yang tersedia.

 

Aktifitas Menarik di Danau Ranau

Foto: Instagram/ @inkaptrr_
  1. Berenang

Airnya yang jernih dan berwarna biru terkadang membuat pengunjung ingin berenang di danau ini. Jika memang ingin, kamu bisa berenang di sini tetapi harus memperhatikan kondisi ombak di danau.

 

Suasana yang pas untuk berenang adalah pagi dan sore hari karena ombaknya cenderung tenang pada waktu-waktu ini. Namun jika takut berenang di danau kamu bisa berenang di kolam renang yang berada di pinggiran danau.

 

Karena hanya dibatasi sedikit bangunan, di kolam tersebut kamu tetap bisa berenang sambil menikmati panorama Danau Ranau dan Gunung Kemuning dari kejauhan.

 

  1. Bermain di Waterboom Danau Ranau

Selain kolam renang, Danau Ranau juga memiliki waterboom yang airnya berasal dari sumbernya langsung. Banyak yang bilang waterboom ini sangat spesial dan unik karena bentuknya mirip seperti kapal yang bersandar di dermaga.

  1. Berendam Air Panas

Pemandian air panas bisa kamu jumpai di kaki Gunung Seminung sebelah selatan dermaga Muara Baru. Jika sedang berada di Banding Agung, untuk mencapai pemandian air panas kamu harus menyeberang menggunakan kapal.

 

Air panas di pemandian ini alami berasal dari aliran air yang mengandung asam sulfur dan belerang dari gunung ke danau. Air panas tersebut tidak berbahaya tetapi bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

 

  1. Festival di Danau Ranau

Setiap tahun, festival berupa pentas seni diadakan di danau ini oleh masyarakat dan pemerintah setempat. Tidak hanya masyarakat setempat saja yang bisa tampil dalam festival ini melainkan seluruh masyakat Indonesia juga bisa memamerkan karya seni maupun tarian adat.

 

Satu budaya yang pasti tampil adalah lagu Jak Ujung atau Jaujung yang merupakan lagu daerah masyarakat di sekitar danau. Lagu ini pasti diperdengarkan di tepian danau sebagai ikon budaya dari Danau Ranau.

 

  1. Arung Jeram

Arung jeram juga bisa kamu lakukan di danau dengan luas 125 km persegi ini. Aktivitas seru ini bisa kamu lakukan di sebuah sungai yang berarus sangat deras di sekitar dermaga Banding Agung.

 

Sungai tersebut adalah Banyu Selabung yang besar kecilnya aliran arus bisa dikendalikan melalui bendungan. Bagi pengunjung yang ingin mencoba keseruan arung jeram bisa menyewa perahu karet bersama rombongan keluarga.

 

Selain arung jeram, kamu juga bisa melakukan tubing di arus sungai yang kecil menggunakan ban karet. Arung jeram dan tubing dimulai dari Air Terjun Niagara di desa Rantau Nipis dan finish di Kecamatan Banding Agung.

 

  1. Bermain di Air Terjun Subik Tuha

Di area wisata Ojan Komering Oku terdapat banyak sekali spot air terjun, salah satunya adalah air terjun Subik Tuha yang berada di Kawasan Danau ini. Untuk sampai ke tempat ini, kamu bisa melewati jalan pinggiran danau atau lintasan Banding Agung.

 

Air terjun eksotis yang berada di ketinggian 560 mdpl ini memiliki tinggi 25 meter dan lebar 3 meter. Aliran Air Terjun Subik Tuha berasal dari mata air Gunung Seminung sehingga airnya sangat jernih dan menyejukkan.

 

  1. Bersantai di Sesebik Hill

Danau ranau
Foto: Instagram/ @andriana_nurul_fadzilah

Belum lama ini, Danau Ranau mempunyai spot wisata baru yang sangat populer yaitu Sesebik Hill. Tempat ini menyediakan gardu pandang yang bisa pengunjung gunakan untuk bersantai sambil menikmati pemandangan Danau Ranau dan Gunung Seminung.

 

Fasilitas dalam Wisata

Foto: Instagram/ @wisata_danau_ranau
  1. Restoran Ikan

Saat berwisata ke sini, jangan lewatkan untuk merasakan lezatnya makanan di restoran yang ada. Restoran di sana kebanyakan menjual olahan ikan yang sangat lezat. Salah satu menu andalan yang menjadi favorit pengunjung adalah ikan mujair kumbang bakar.

  1. Penginapan

Di sekitar Danau Ranau juga terdapat banyak penginapan yang menghadap langsung ke danau dan perbukitan. Beberapa penginapan tersebut di antaranya:

  • Penginapan Wisma Pusri Varita

Penginapan ini tepat berada di pinggiran danau dan sebelah dermaga Banding Agung. Wisma Pusri Varita menawarkan tiga tipe penginapan yaitu Wisma, Graha, dan Cottage yang masing-masing tersedia dalam dua kelas (standar dan VIP).

  • Penginapan Aulia Danau Ranau

Penginapan Aulia merupakan yang paling unik karena berkonsep pondokan dengan material kayu. Meskipun terlihat sederhana, isi kamar di penginapan ini sangatlah elegan dan pelayanannya sangat memuaskan.

  • Seminung Lumbok Resort

Penginapan ini terletak di kaki Gunung Seminung bagian ujung selatan Danau Ranau. Bangunannya bergaya modern dengan fasilitas yang lengkap tetapi harga terjangkau

 

Setelah membaca uraian di atas apakah kamu tertarik untuk berwisata ke sini? Tempat ini sangat cocok menjadi destinasi wisata bagi keluarga karena suasananya masih sangat asri dan jauh dari hiruk pikuk kota.

Tinggalkan komentar