Eling Bening

Belum lama ini, Eling Bening sempat menjadi objek wisata hits yang populer di masyarakat. Objek wisata yang berada di Kabupaten Semarang ini merupakan tempat kuliner dengan suguhan panorama alam indah.

Di tempat ini, para pengunjung bisa menikmati kelezatan berbagai macam kuliner ikan sambil melihat indahnya pemandangan Rawa Pening dan perbukitan di Semarang. Bagi kamu yang ingin berlibur bersama keluarga mungkin Eling Bening Ambarawa ini bisa masuk ke daftar tempat yang bisa kamu kunjungi.

Selain kuliner dan menikmati pemandangan, kamu juga bisa mengajak keluargamu untuk outbound di tempat ini. Adapula berbagai tempat yang menarik dan instagramable yang bisa kamu jadikan spot foto.

Kualitas udara di tempat ini juga bagus untuk kesehatan karena berada di dataran tinggi sehingga suasananya masih sejuk dan asri. Penasaran mengenai Eling Beling lebih lanjut? Simak penjelasan lengkapnya berikut.

eling bening
Foto: Instagram/ @eling_bening

Alamat dan Rute Lokasi

Objek wisata Eling Bening terletak di area perbukitan Ngrawan, Jalan Sarjono, Bawen, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Akses menuju Eling Bening terbilang baik untuk dilalui kendaraan bermotor karena merupakan jalan beraspal.

 

Dari pusat kota Semarang, Eling Bening berjarak sekitar 32 km dan dapat ditempuh dengan waktu 60 km melalui Jalan Semarang – Surakarta. Jika berangkat dari pusat Kota Salatiga, kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja karena hanya berjarak 16 km melalui Jalan Nasional 16.

Jam Buka Eling Bening

Wisata Eling Bening buka setiap hari dengan jam operasional 08.00 – 22.00 WIB di weekday dan 07.30 – 22.00 WIB di weekend atau saat hari libur. Waktu terbaik untuk berkunjung di tempat ini adalah pukul 16.00 – 18.00 WIB.

 

Pada jam tersebut, cuacanya tidak terlalu panas dan belum terlalu dingin sehingga cocok untuk bersantai dan bercengkerama bersama keluarga atau teman. Jika beruntung, kamu bisa melihat matahari terbenam atau sunset di tempat ini.

 

Harga Tiket Masuk

Meskipun merupakan tempat wisata berbasis kuliner, para pengunjung tidak wajib untuk membeli makanan di tempat ini. Sebagai penggantinya, pengunjung harus membeli tiket sebelum masuk ke objek wisata ini seharga Rp15.000/orang saat hari kerja Rp20.000/orang saat hari libur.

 

Harga tiket tersebut terbilang terjangkau dan sepadan dengan apa yang tersedia di dalam. Akan tetapi, untuk menikmati beberapa wahana yang ada kamu harus membayar lagi. Begitupun jika ingin berenang di kolam renang yang tersedia, kamu harus membeli tiket seharga Rp20.000/orang.

 

Obyek Menarik di Eling Bening

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di tempat wisata cantik ini bersama keluarga. Beberapa fasilitas unggulan yang disediakan Eling Bening untuk menambah keseruan liburan antara lain:

Taman Bunga

eling bening
Foto: Instagram/ @eling_bening

Fasilitas ini bisa kamu jumpai di beberapa bagian halaman Eling Bening. Taman bunga yang ada memang tidak luas, namun karena penataannya yang pas taman bunga ini terlihat sangat indah.

 

Taman ini berbentuk petak-petak dengan bunga yang berbeda di setiap petaknya. Bunga ditanam dan dikelompokkan berdasarkan warnanya.

 

Spot Foto

Foto: Instagram/ @rhemaforjeanne

Entah sejak kapan spot foto menjadi salah satu fasilitas yang wajib tersedia oleh suatu tempat wisata. Karena ingin memanjakan pengunjungnya, Eling Bening menyediakan berbagai spot foto yang instagramable.

 

Salah satu spot foto yang populer adalah wahana perahu dengan posisinya yang  agak menjorok ke tebing. Sehingga saat berfoto di tempat ini, efek yang timbul ialah seperti naik perahu di atas awan. Sangat menarik bukan? Oleh karena itu, jangan sampai kamu melewatkan spot ini.

 

 Spot Sunset

Karena berada di ketinggian, Eling Bening bisa dijadikan spot untuk melihat sunset.

Pengelola sudah menyediakan beberapa pelataran yang lengkap dengan tempat duduk dan pencahayaannya yang minim untuk menciptakan kesan romantis saat melihat sunset

 Garden Resto

Foto: Instagram/ @eling_bening

Garden resto adalah salah satu fasilitas unggulan yang dimiliki tempat ini. Konsep dari garden resto ini sendiri hampir sama dengan seperti pada umumnya, yaitu meja dan kursi yang ditata sedemikian rupa di halaman taman.

 

Di resto ini, kamu bisa lebih leluasa dan santai dalam menyantap makanan. Melalui garden resto ini kamu bisa menikmati suasana makan layaknya garden party yang akhir-akhir ini populer di kalangan para selebritis.

 Restaurant

Selain tempat wisata, Eling Bening juga terkenal karena restaurantnya yang elegan dan mewah. Eling Bening mempunyai restaurant utama yang berkonsep outdoor dengan view keindahan Rawa Pening.

 

Di restaurant ini, kamu bisa menikmati makanan yang lezat juga panorama perbukitan dan persawahan yang mengelilingi Rawa Pening. Pemandangan yang hijau tentu bisa merilekskan pikiran dan refreshing bagi mata.

 

Harga makanan Eling Bening Ambarawa tergolong normal dan sama seperti rumah makan di perkotaan pada umumnya. Menu andalan di resto ini adalah masakan nusantara seperti olahan ayam, ikan, sayur asem, pecel, mie lontong, dan masih banyak lagi.

 Kolam Renang

Foto: Instagram/ @yudistirafamstraveler

Bagi kamu yang hobi berenang atau sekadar ingin berendam maupun bermain air bisa memanfaatkan fasilitas kolam renang yang tersedia di Eling Bening. Namun, seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa kamu harus membeli tiket untuk berenang terlebih dahulu.

Meskipun harus membayar lagi, kamu pasti tidak kecewa nantinya saat berenang di kolam dengan pemandangan yang indah ini. Kapan lagi berenang di kolam yang langsung menghadap perbukitan dan Rawa Pening.

Apalagi Eling Beling berada di area dataran tinggi yang cenderung bersuhu dingin, tentu saja air di kolam renangnya pasti sangat menyejukkan. Sehingga cocok untuk menghilangkan penat dan hiruk pikuk padatnya kota Semarang.

 Outbond di Eling Bening

Foto: Instagram/ @eling_bening

Kamu sedang mencari tempat outbond yang bernuansa alam? Tentu saja Eling Bening bisa menjadi pilihan yang tepat. Di tempat ini, area outbound terbagi menjadi beberapa tempat antara lain hill tracking, archery area, dan flying fox.

 

Di area hill tracking, kamu bisa menikmati pemandangan perbukitan yang berbaris mengelilingi Rawa Pening. Kemudian archery area merupakan tempat untuk olahraga panahan. Dan flying fox bisa kamu gunakan untuk meluncur menggunakan sling dari ketinggian.

 

Melihat tipe permainan dan ukuran peralatan yang tersedia, tampaknya fasilitas outbound di Eling Bening ini hanya dikhususkan untuk anak-anak saja. Sedangkan orang dewasa bisa menjadi penonton atau mengawasi anak-anaknya saat bermain outbound.

 

 Play Ground di Eling Bening

Satu lagi fasilitas di tempat ini dengan desain khusus untuk anak-anak yaitu play ground. Play ground dapat kamu temukan di sudut salah satu restoran yang ada, tepatnya bagian halaman terbuka yang berumput hijau.

 

Meskipun didesain untuk anak-anak, fasilitas ini bisa multifungsi untuk kegiatan gathering organisasi, sekolah, lembaga pemerintah, maupun perusahaan. Selain itu, play ground juga dilengkapi dengan kolam renang dangkal sedalam 10 – 15 cm.

 

Fasilitas dalam Wisata

  1. Toilet

Sebagai tempat wisata yang populer, tentu saja Eling Bening menyediakan banyak toilet bersih yang bisa digunakan oleh pengunjung.

  1. Mushola

Bagi para muslim yang mengunjungi Eling Bening dapat beribadah di mushola yang disediakan jika sudah memasuki waktu sholat.

  1. Parkir Luas dan Aman

Tempat parkir yang tersedia sangatlah luas sehingga bisa menampung banyak kendaraan. Kamu juga tidak perlu khawatir masalah keamanannya karena sudah ada petugas yang berjaga.

 

Sangat menarik bukan kawasan wisata Eling Bening di Ambarawa ini? Jika tertarik kamu bisa langsung mengunjungi tempat wisata ini tanpa perlu reservasi. Namun, jika kamu datang bersama rombongan besar sebaiknya menghubungi pihak pengelola dan melakukan reservasi terlebih dahulu.

Tinggalkan komentar