Gunung Pancar

Gunung Pancar merupakan destinasi wisata di Bogor yang sangat cocok untuk wisatawan kunjungi ketika merasa penat dengan hiruk pikuk kehidupan kota. Tempat wisata yang berada di kawasan Sentul, Bogor ini memang cukup terkenal.

Banyak wisatawan yang mengunjungi gunung ini karena sangat manjur untuk menghilangkan segala beban dan penat yang ada di dalam pikiran. Tempat wisata satu ini mempunyai keindahan alam yang begitu mempesona dengan berbagai wahana permainannya yang cukup menantang.

Tidak akan ada ruginya deh ketika kamu datang mengunjungi lokasi wisata ini. Gunung yang menjadi salah satu dari sederet gunung yang ada di Kota Bogor ini mempunyai pemandangan yang sungguh memukau.

Sekalipun gunung ini hanya mempunyai tinggi 800 mdpl saja, namun pemandangannya sungguhlah indah. Tidak heran jika banyak sekali wisatawan lokal dan mancanegara yang berdatangan.

Gunung Pancar
Foto: Instagram/ @agusnsa

Alamat dan Lokasi

Kamu yang penasaran dengan keindahan wisata Sentul Gunung Pancar, tempat wisata ini bisa kamu temukan di Kecamatan Babakan Madang, tepatnya di Kampung yang bernama Ciburial.

Selanjutnya, buat kamu yang datang dari pusat kota Bogor, perjalanan yang dibutuhkan mungkin hanya setengah jam saja dengan jarak 20 km.

Sedangkan kamu yang datang dari arah Jakarta, maka kamu mungkin akan menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dengan jarak 45 kilometer, tergantung pada macet tidaknya lalu lintas.

Kamu yang mungkin datang dari arah Jakarta dan menggunakan kendaraan roda empat, maka cobalah untuk menggunakan rute tol Jagorawi untuk mengambil arah ke Bogor. Ambil saja arah menuju tol Sentul City sampai kamu bertemu dengan Jalan Sentul Raya.

Nah, dari Jalan Sentul Raya ini kamu bisa mengambil arah kiri ketika menemukan sebuah bundaran. Dari belokan kiri setelah bundaran, cukup berjalan sekitar 600 meter saja dan kamu sudah bisa sampai ke Babakan Madang dan hanya perlu lurus saja sampai ke Jalan Air Panas.

Sesampainya kamu di Jalan Air Panas ini, kamu akan menemukan banyak papan penunjuk arah ke Gunung Pancar.

Sementara untuk rute ke gunung pancar naik motor sendiri hampir sama dengan rute yang di atas. Kamu hanya perlu mengambil arah ke Bogor dan menuju ke Sentul. Kawasan Sentul ini sangat terkenal menjadi pusat wisatanya Kota Bogor, jadi kamu tidak akan kesulitan untuk mengaksesnya.

Jam Buka

Info mengenai jam buka atau operasional Gunung Pancar sendiri tidak ada, ya! Kawasan wisata ini buka setiap hari, kok! Kamu bebas untuk mengunjunginya saat pagi atau malam hari.

Lalu, tidak perlu takut untuk mengunjungi saat malam hari karena kawasan wisata ini juga menyediakan camping ground. Banyak kok yang berkemah di Gunung ini. Memang, ada misteri Gunung Pancar yang menjadi awal mula wisata ini tercipta.

Konon, penduduk lokal percaya bahwasannya Gunung Pancar ini adalah gunung yang pertama kali ada di Pulau Jawa.

Hadirnya gunung ini diawali dengan berbagai macam gempa yang terjadi sehingga menurut penduduk sekitar, gunung ini pun hadir untuk menghentikan bumi yang terus bergoyang.

Itulah mengapa kawasan wisata ini dinamakan dengan Gunung Pancar karena arti kata Pancar sendiri adalah awal atau pertama yang muncul.

 

Harga Tiket Masuk Gunung Pancar

Lalu berapa sih tiket masuk Gunung Pancar itu sendiri? Biaya yang perlu dikeluarkan untuk masuk ke Gunung Pancar sendiri sangatlah murah, lho! Selanjutnya, saat weekdays, wisatawan lokal harus membayar tiket masuk Rp5.000 dan wisatawan mancanegara Rp100.000.

Sementara ketika weekend atau tanggal merah, maka harga tiket yang harus wisatawan bayarkan adalah Rp7.500 dan wisatawan mancanegara Rp150.000.

Oh ya, harga tiket masuk tersebut belum termasuk dengan menikmati berbagai wahana outbound yang tersedia, ya! Kamu yang ingin asyik bermain outbound atau wahana, ada tiket tambahan yang perlu kamu bayarkan kepada petugas.

 

Obyek Menarik di Gunung Pancar

Gunung Pancar Sentul menawarkan banyak sekali obyek menarik untuk bisa kamu nikmati, di antaranya adalah:

1.     Menikmati Pemandangan Alam

Gunung Pancar
Foto: Instagram/ @gunungpancar

Pertama, di kawasan wisata ini kamu bisa menikmati berbagai macam keindahan alam yang terpampang indah. Berbagai hammock tersedia di wisata ini sehingga kamu bisa menyaksikan pemandangan sambil bersantai ria.

Kamu bisa melihat aneka satwa di gunung ini selain hanya pohon pinusnya saja. Di sini ada hewan seperti berbagai macam jenis burung,  ayam dan babi hutan.

2.     Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Apakah kamu sedang merasa penat? Coba deh berendam di pemandian air panas yang ada di kawasan wisata ini. Di pemandian air panas ini, kamu bisa mengembalikan stamina tubuhmu karena airnya sangat jernih dan menyegarkan.

Adapun nama kolam pemandian air panas ini adalah Giri Tirta. Kamu bisa berelaksasi di pemandian dengan menyaksikan keindahan alam yang mengelilingi kolam pemandian.

3.     Berkeliling dengan Kuda

Selanjutnya kamu mau menyusuri tempat wisata Gunung Pancar namun malas trekking? Tenang saja! Kamu bisa kok mengelilingi gunung ini dengan menyewa kuda. Pengelola wisata menyediakan beberapa kuda untuk disewakan kepada para pengunjungnya.

4.     Hunting Foto

Gunung Pancar
Foto: Instagram/ @embriopiknik

Gunung Pancar menawarkan banyak sekali spot foto estetik dan instagenic untuk kamu yang suka hunting foto. Kamu bisa memilih sendiri, manakah spot foto yang paling cantik di kawasan wisata ini.

Saking banyak dan indahnya spot foto yang ada di kawasan wisata ini, banyak lho yang menjadikan Gunung Pancar sebagai tempat untuk foto prewedding.

5.     Camping dan Glamping di Gunung Pancar

Foto: Instagram/ @gunungpancar

Setelah itu, buat kamu yang ingin bermalam di wisata Gunung ini, pengelola menyediakan tempat untuk camping dan adapula glamping. Kalau kamu ingin bermalam dengan sederhana dan budget yang terjangkau, ada beberapa camping ground yang disewakan.

Selanjutnya, buat kamu yang ingin mencari penginapan Gunung Pancar dengan fasilitas yang sedikit mewah dan tidak ribet, ada beberapa tempat untuk glamping atau glamorous camping yang bisa kamu sewa bersama keluarga atau teman-teman.

 

Fasilitas dalam Wisata

Kalau ditanya soal fasilitas, tempat ini sudah menyediakan berbagai macam fasilitas yang sangat memadai seperti:

  1. Tempat ibadah
  2. Parkir yang sangat luas
  3. Toilet yang bersih
  4. Cafe
  5. Hammock
  6. Tempat makan
Foto: Instagram/ @riawulandarii92

Tips Berlibur di Gunung Pancar

Buat yang ingin berwisata ke sini, coba yuk gunakan tips di bawah ini agar liburan kamu semakin menyenangkan:

  1. Pertama, persiapkan dengan baik kondisi tubuh kamu mengingat tempat wisata ini mempunyai suhu yang dingin. Jangan memaksa berangkat jika kondisi badanmu sedang tidak fit.
  2. Ajak teman atau keluarga agar perjalanan wisata kamu ke Gunung Pancar semakin menyenangkan.
  3. Lalu, Jangan lupa untuk membawa bekal yang cukup sekaligus uang agar tidak repot di sana.
  4. Kamu yang suka sekali hunting foto, jangan lupa untuk siapkan kamera dengan baterai pengganti.
  5. Jaga kesopanan kamu, ya! Jangan buang sampah asal-asalan, selalu buang ke tempat yang sudah disediakan oleh pengelola.

 

Gunung Pancar adalah destinasi wisata Bogor yang sayang sekali untuk kamu lewatkan. Wisata ini mempunyai pemandangan alam yang masih sangat asri dan berbagai wahana permainan yang menarik untuk dicoba.

Tinggalkan komentar