Kopeng

Kopeng. Terdapat banyak tempat wisata yang dapat kamu kunjungi di daerah Jawa Tengah, salah satunya adalah Kopeng. Kopeng sendiri merupakan daerah pegunungan dan ada banyak obyek wisata yang bisa kamu nikmati bersama keluarga, salah satunya adalah Taman Wisata Kopeng.

Daerah Kopeng sangat terkenal dengan udaranya yang masih sejuk dan dingin khas pegunungan. Untuk kamu yang berasal dari daerah perkotaan pasti akan merasakan sensasi yang berbeda saat berkunjung ke Kopeng.

Di Taman Wisata Kopeng sendiri ada beberapa aktivitas yang sayang untuk kamu lewatkan. Selain menghabiskan waktu dengan keluarga, kamu juga tetap bisa beristirahat sambil menikmati udara serta pemandangan alam yang sangat menakjubkan.

Taman Wisata Kopeng juga sangat cantik untuk diabadikan menggunakan kamera. Ada beberapa spot foto yang menarik untuk diabadikan dan sangat cocok untuk kamu yang memiliki hobi fotografi.

Kopeng
Foto: Instagram/ @momtraveler

Alamat dan Lokasi

Taman Wisata Kopeng berlokasi di Jalan Raya Salatiga-Magelang KM 15, Kopeng, Kabupaten Semarang. Jika kamu berkendara dari Kota Semarang lama perjalanan yang kamu butuhkan kira-kira 1 jam perjalanan.

Letak kawasan wisata Kopeng memang lebih dekat dengan Kota Salatiga daripada dengan Kota Semarang. Hal ini membuat banyak orang beranggapan bahwa Kopeng berada di Kota Salatiga. Taman Wisata Kopeng termasuk berada di dataran tinggi, tepatnya berada di kaki Gunung Merbabu.

Ketika kamu pergi ke Kopeng kamu akan merasakan udara sejuk khas pegunungan dengan ketinggian tempat wisata sekitar 1.430 meter di atas permukaan laut.

Jam Buka Kopeng

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Taman Wisata Kopeng, tempat ini sudah buka dari pukul 08.30 WIB dan tutup pukul 16.30 WIB. Kamu juga bisa berkunjung dari hari Senin sampai hari Minggu. Tentu saja, tempat wisata ini akan lebih ramai saat akhir pekan atau hari libur.

Harga Tiket Masuk Kopeng

Untuk memasuki Taman Wisata ini, kamu hanya perlu membayar tiket sebesar Rp. 10.000 saja. Namun, jika kamu ingin memasuki wahana lainnya yang tersedia di sana maka kamu perlu membayar biaya tambahan karena terdapat beberapa obyek wisata yang ada di sana.

Obyek

Saat kamu berkunjung ke Taman Wisata Kopeng, kamu bisa merasakan berbagai pengalaman dengan mengunjungi obyek wisata lainnya yang ada. Beberapa obyek atau wahana yang dapat kamu rasakan di Taman Wisata Kopeng, yaitu:

  1.   Tempat Outbound

Kopeng
Foto: Instagram/ @kopengtreetop

Outbound adalah aktivitas menyenangkan yang dapat dinikmati siapa saja, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Beberapa wahana yang ada di lokasi outbound, yaitu trampolin jaring, flying fox, spider jumper, berjalan di jaring, dan panjat tali.

Aktivitas ini sangat cocok kamu lakukan bersama teman-teman ataupun keluarga. Lokasi outbound juga berada di kawasan hutan pinus, sehingga sensasi yang kamu rasakan semakin seru.

Salah satu wahana outbound favorit adalah flying fox. Terdapat dua pilihan ketinggian flying fox yang terdapat di sini, yaitu ketinggian 6 meter dan 12 meter dengan panjang lintasan sampai 50 meter.

  1.   Camping Ground

Foto: Instagram/ @kopengtreetop

Apakah kamu sudah pernah kemah sebelumnya? Jika belum, kamu juga bisa merasakan kemah di pegunungan. Lokasi Kopeng Camping Ground berada di lapangan yang luas dengan pepohonan di sekelilingnya.

Selain itu, pengunjung yang ingin berkemah juga tidak perlu membawa perlengkapan kemah. Pihak pengelola telah menyediakan berbagai macam kebutuhan untuk kemah. Aktivitas berkemah di Camping Ground lebih banyak dilakukan untuk kegiatan mahasiswa atau outing kantor.

Tetapi, sebelum berkemah kamu harus tahu bahwa Kopeng termasuk daerah pegunungan dengan udara yang sangat dingin saat malam hari. Suhu di sekitar kawasan bisa mencapai 16-20 derajat celcius pada siang hari.

Sementara itu, suhu di malam hari bisa mencapai 13-16 derajat celcius dengan kelembaban sekitar 85%.

  1.   Paintball

Foto: Instagram/ @bijemujiatma

Salah satu atraksi yang menjadi daya tarik Taman Wisata ini adalah wahana paintball. Paintball sangat cocok dilakukan oleh pengunjung yang datang secara berkelompok dan menyukai tantangan.

Permainan yang dapat kamu coba adalah war game atau bermain perang-perangan menggunakan senjata tembakan. Suasana bermain perang-perangan akan terasa lebih seru dan menegangkan, karena dilakukan di hutan yang penuh pepohonan.

War game ini memiliki tema peperangan yang bisa dimainkan minimal oleh 2 tim dengan formasi 4 lawan 4 orang. Pada war game, pengunjung akan bermain adu ketangkasan dengan tim lawan.

Strategi yang perlu kamu gunakan dalam permainan ini adalah menumbangkan setiap anggota yang ada di tim lawan. Untuk bisa memainkan war game, minimal terdapat 4 orang dan maksimal 10 orang. Namun, tenang saja kamu tetap bisa bermain walaupun tidak datang dengan rombongan.

Permainan yang dapat kamu coba adalah shoot target. Shoot target merupakan permainan menembak target dengan lima buah peluru. Apabila beruntung bisa menembak sasaran, kamu akan memperoleh hadiah.

Biaya yang perlu kamu keluarkan untuk mengikuti war game yaitu Rp. 75.000 per orang. Setiap anggota akan memperoleh fasilitas yang digunakan selama permainan, yaitu seragam tempur, senjata TIPPMANN, 20 hydra, kacamata, dan peralatan perlindungan diri lainnya.

  1.   Naik ATV

Foto: Instagram/ @7ustalvin

Selain di pantai, kamu juga bisa mencoba bermain ATV di daerah pegunungan. Di Taman Wisata Kopeng, kamu dapat mencoba wahana bermain ATV. Hal yang menarik adalah jalur ATV ini cukup menantang dengan suasana seolah-olah berada di alam liar.

  1.   Kolam Renang dan Waterpark Kopeng

Kopeng
Foto: Instagram/ @tamanwisatakopeng

Apabila kamu berlibur dengan anak-anak maka berenang merupakan aktivitas yang paling seru. Di area wisata Kopeng, kamu dapat menikmati berbagai permainan air yang ada di kolam renang serta waterpark. Banyak pengunjung yang datang ke sini untuk menikmati waterpark Kopeng.

Waterpark dan kolam renang Kopeng juga menggunakan sumber mata air murni dari pegunungan yang membuatnya semakin berbeda. Apabila kamu ingin menikmati aktivitas yang lebih tenang, kamu bisa memilih area kolam renang biasa.

Tetapi, biasanya anak-anak yang aktif lebih menyukai area waterpark. Di area waterpark, kamu bisa mencoba berbagai wahana air, misalnya perosotan, air, giant water ball, serta air mancur. Waterpark ini juga aman untuk anak-anak, karena kedalaman air hanya sekitar 50 cm.

  1.   Pasar Buah dan Sayur Kopeng

Foto: Instagram/ @explorekopeng

Di tempat wisata ini juga terdapat berbagai macam buah dan sayur segar yang dijual. Biasanya ibu-ibu yang berkunjung akan berburu di pasar tradisional.

Terletak di daerah pegunungan, buah dan sayur yang dijual tumbuh dengan baik di lokasi yang sesuai. Selain itu penjual pun menawarkan dengan harga yang lebih murah karena buah dan sayur diperoleh langsung dari petani.

Fasilitas dalam Wisata

Kamu tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang terdapat di Taman Wisata Kopeng. Fasilitas yang ada di kawasan wisata sangat lengkap, mulai dari penginapan, restoran, toko souvenir, area parkir yang luas, cafe, dan layanan antar jemput.

Namun, jika kamu tidak menyukai penginapan, terdapat beberapa hotel yang ada di sekitar tempat wisata. Selain Taman Wisata Kopeng, kamu juga dapat mengunjungi Kopeng Treetop Adventure Park dan obyek wisata lainnya.

Jika kamu sedang berlibur ke daerah Semarang atau Yogyakarta, tidak ada salahnya untuk menyempatkan pergi ke tempat wisata ini. Daerah ini juga menjadi kawasan yang sangat cocok dikunjungi untuk wisata sekolah, kantor, atau sekedar liburan dengan keluarga.

Tinggalkan komentar