Pantai Carita

Pantai Carita. Awal mulanya, Pantai Carita merupakan kawasan hutan lindung dengan luas mencapai 95 hektar. Berbagai jenis flora dan fauna banyak ditemukan di sana. Contohnya adalah pohon mahoni, pohon jati, biawak, ular sanca, lutung dan masih banyak lagi lainnya.

Pada zaman penjajahan Belanda, yaitu tahun 1809 sampai 1810 kawasan tersebut digunakan sebagai tempat penyiksaan masyarakat pribumi. Masyarakat ditekan untuk bekerja keras, diperlakukan secara sadis, kejam dan tidak manusiawi.

Banyak yang percaya bahwa kawasan pantai ini angker karena sering muncul berbagai keanehan-keanehan. Mitos ini pun semakin berkembang setelah Gunung Krakatau meletus sangat dahsyat tahun 1883.

Ditambah lagi keberadaan villa yang angker menimbulkan kesan suram. Beberapa pengunjung mengaku terkadang diganggu oleh makhluk halus.

Tahun 1978, Menteri Pertanian menetapkan kawasan tersebut sebagai taman wisata alam. Sejak saat itulah, pantai ramai dikunjungi para wisatawan.

Pantai Carita
Foto: Instagram/ @indahidayati12

Alamat Dan Lokasi Pantai Carita

Pantai Carita terletak di Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Lokasinya tepat di tengah-tengah antara Pantai Tanjung Lesung dan Pantai Anyer. Posisinya menghadap ke arah Selat Sunda.

 

Jam Buka 

Kawasan wisata dibuka selama 24 jam. Dengan demikian, pengunjung bisa puas bermain di pantai hingga malam hari. Namun, kamu hanya dapat membeli tiket di siang hari.

 

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk per orangnya sangat terjangkau, yaitu Rp 15.000,00. Biaya parkir untuk sepeda motor Rp 10.000,00, sedangkan untuk mobil Rp 30.000,00.

 

Aktivitas Menarik 

  1. Berburu Sunset

Foto: Instagram/ @a_dani_p

Pemandangan sunset menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap wisatawan yang datang. Sunset di Pantai Carita terlihat sangat indah, pasalnya Kamu tidak bisa menjumpainya pulau lain di bagian barat dari pantai yang menghalangi pemandangan.

Obyek seperti ini sangat instagramable sehingga banyak wisatawan yang memburunya untuk berselfie. Berbagai pose akan tampak cantik dengan latar matahari terbenam.

Misalnya, duduk di tepi pantai menikmati keindahan sunset sembari mendengar suara deburan ombak yang bagus.

 

  1. Bermain Pasir Putih

Foto: Instagram/ @pandeglangcantik

Saat kamu berwisata ke pantai yang terletak di Banten ini, akan melihat hamparan pasir putih yang sangat luas sehingga bisa kamu jadikan tempat untuk bermain.

Hal ini karena pasirnya lembut dan juga garis pantainya panjang serta ombaknya juga bersahabat.

Anak-anak hingga dewasa semua bisa bermain apa pun di sini. Misalnya benteng-bentengan, berlarian atau hanya sekedar duduk bersantai menikmati hembusan angin dan pemandangan di sekitarnya

Pemandangan semakin sempurna karena terlihat pula lanskap Gunung Krakatau yang sangat indah. Tidak heran jika banyak yang memanfaatkannya sebagai background untuk berselfie.

  1. Diving dan Snorkeling

Diving maupun snorkeling kini menjadi tren ketika pergi ke suatu pantai. Aktivitas ini banyak menarik minat karena bisa melihat biota laut yang beranekaragam.

 

Selain itu, melihat  berbagai jenis ikan yang memiliki tingkah lucu. Biasanya ikan senang menggerombol dan bermain-main di sekitar terumbu karang dan masih banyak lagi pemandangan unik lainnya.

 

Tentu hal ini akan menjadi pengalaman yang mengesankan. Oleh karena itu, jangan lupa kamu membawa kamera tahan air agar dapat mengabadikan momen-momen indah dan lucu yang kamu temukan.

 

Menariknya lagi, kamu cukup mengeluarkan uang Rp 50.000,00 saja untuk bisa menikmati alam bawah laut dengan puas hingga seharian penuh.

 

Sebaiknya Kamu naik ke daratan setelah merasa lelah saat menyelam. Selanjutnya, beristirahat di pasir pantai yang terkena sinar matahari sehingga akan menghangatkan badan. Meskipun aktivitas ini cukup melelahkan namun sangat menyenangkan.

 

  1. Bermain Jetski

Bagi pengunjung yang tertarik dengan permainan jetski harus membayar sebesar Rp 30.000,00 hingga Rp 50.000,00. Dengan kamu menyewa jetski, akan merasakan serunya menerjang ombak-ombak yang tipis.

 

Kamu tidak perlu khawatir untuk mencoba permainan ini karena tersedia pemandu. Fungsi pemandu di sini adalah mengajari teknik dasar untuk mengendarainya.

 

Kini, bermain kebut-kebutan juga dapat kamu lakukan di atas air. Sangat menarik bukan? Pastikan kamu tidak lupa memakai jaket pelampung demi keselamatan.

 

Jangan sampai kamu melewatkannya saat memiliki kesempatan berlibur ke pantai.  Liburan kamu dijamin tidak membosankan. Selain itu, juga bermanfaat bagi kesehatan seperti memperlancar sirkulasi darah dan membakar kalori tubuh.

 

  1. Naik Banana Boat

Pantai Carita
Foto: Instagram/ @lilysupardi

Wahana bermain lainnya adalah banana boat, yaitu permainan menggunakan perahu karet yang berbentuk seperti  pisang.

 

Biasanya satu banana boat dapat memuat 4 sampai 6 orang. Selain itu, terdapat satu pemandu yang duduk di paling depan karena bertugas mengendalikan boat agar mengarah ke tempat tujuan.

 

Penumpang wajib mengenakan jaket pelampung agar tidak tenggelam. Permainan air ini dapat memacu adrenalin kamu. Harga yang dipatok untuk menaikinya cukup murah, yaitu hanya Rp 25.000,00.

 

  1. Surfing

Di pantai ini memang ombaknya tidak sebesar di Alas Purwo dan Bali. Namun, perlu kamu ketahui bahwa di waktu-waktu tertentu ombaknya besar sehingga cocok untuk olahraga surfing atau selancar.

 

Kamu manfaatkan kesempatan langka tersebut dengan baik karena olahraga air ini bagus untuk kesehatan. Contohnya adalah merilekskan tubuh, mengatasi stress, melatih keseimbangan dan lain-lain.

 

Jika belum jago dalam berselancar, ada alternatif yang dapat kamu coba yaitu bodysurfing. Ada tempat untuk menyewa peralatan yang dibutuhkan seperti papan fiber dengan panjang 70 cm. Harganya cukup terjangkau yaitu Rp 10.000,00.

 

  1. Naik ATV

ATV (All Terrain Vehicle) ini merupakan kendaraan yang mampu melewati berbagai jenis medan seperti pantai dan bukit. Baik laki-laki ataupun perempuan bisa untuk menaiki kendaraan ini. Aktivitas yang satu ini penuh dengan tantangan dan dapat meningkatkan adrenalin.

 

Biaya sewa  ATV dalam 15 menit adalah Rp 25.000,00.  Adanya penyewaan ATV ini akan manjakanmu karena bisa menjelajahi dari sudut ke sudut dan tentu dengan panorama yang indah.

 

Fasilitas Dalam Wisata

Apabila kamu berasal dari luar kota tidak perlu khawatir karena banyak penginapan dan hotel yang telah disediakan. Fasilitas dan harganya pun bervariasi, yaitu dari 150 ribu hingga 1,3 juta untuk satu malam. Kamu bebas memilih sesuai budget.

Beberapa hotel di Pantai Carita yang memasang tarif kurang dari 200 ribu antara lain Hotel Pondok Ciparay dan Hotel Wira Carita. Pilihan untuk tarif sekitar 500 ribu ada Bali De Anyer Hotel dan Cinde Wulung Bed and Resto. Ada juga hotel dengan tarif lebih dari 1 juta, yaitu Bintang Laut Resort.

Kamu akan memperoleh banyak keuntungan ketika memilih hotel yang dekat dengan pantai. Kamu semakin mudah untuk menikmati sunrise maupun sunset di pinggir pantai. Kondisi seperti ini sangat cocok bagi kamu yang sedang berbulan madu karena membuat suasana menjadi semakin romantis.

Adanya fasilitas life guard yang selalu siaga menjaga dan mengawasi dapat menjamin keamanan serta keselamatan pengunjung.  Selain itu, terdapat tempat parkir luas, kamar ganti, toilet yang bersih dan mushola.

 

Pantai Carita saat ini menjadi destinasi wisata yang disukai masyarakat. Pasalnya, selain menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan di sana kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas yang seru dan menantang. Fasilitas yang tersedia juga lengkap.

Tinggalkan komentar