Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara adalah salah satu pantai eksotis yang berada di Bantul, Yogyakarta. Dibandingkan dengan pantai lain yang ada di pesisir selatan Jogja, pantai yang satu ini memiliki ciri khas yang bisa menjadi daya tarik tersendiri yaitu rerimbunan pohon cemara.

 

Banyaknya pohon cemara yang tumbuh membuat pantai ini mendapat julukan dengan nama Pantai Goa Cemara oleh masyarakat setempat. Pantai yang identik dengan panas dan terik kini berubah menjadi teduh dan rimbun sehingga cocok untuk tempat bersantai bersama keluarga maupun kerabat.

 

Selain itu, Pantai Goa Cemara juga tersedia lengkap dengan berbagai fasilitas yang pasti akan membuat liburan kamu menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Foto: Instagram/ @elvarethaa_a

Lokasi Pantai Goa Cemara

Pantai yang penuh dengan pohon cemara ini terletak di Kabupaten Bantul, tepatnya Dusun Patihan, Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kondisi jalan menuju Pantai Goa Cemara sudah cukup baik dan bisa kamu lalui dengan kendaraan bermotor.

 

Jika mengunjungi pantai ini, kamu bisa mampir ke sederet pantai lain di Bantul yang lokasinya berdekatan seperti Pantai Samas, Pantai Baru, dan Pantai Depok. Apabila peraturannya belum berubah, kamu bisa mengunjungi pantai-pantai tersebut hanya dengan satu kali pembelian tiket di gapura masuk.

Jam Buka

Pantai Goa Cemara bisa kamu kunjungi kapan saja karena tidak ada batas jam operasionalnya alias buka selama 24 jam setiap harinya. Kamu bisa mengunjungi pantai ini di pagi hari, siang hari, sore hari, bahkan malam hari bagi yang ingin mengadakan camping.

 

Akan tetapi, kamu tetap harus memperhatikan cuaca juga kondisi ombak di pantai Selatan. Waktu yang direkomendasikan untuk berkunjung ke pantai ini adalah pagi dan sore hari.

 

Saat pagi hari biasanya pantai akan penuh dengan kabut dan sinar matahari yang perlahan muncul melalui celah-celah pohon cemara. Udara di pantai ini saat pagi hari juga menyegarkan dan baik untuk kesehatan. Sedangkan saat sore hari, kamu bisa melihat matahari terbenam atau sunset di pantai ini.

 

Harga Tiket Masuk

Meskipun tergolong sebagai destinasi wisata yang populer, harga tiket masuk ke Pantai Goa Cemara sangatlah murah yaitu Rp5.000 saja per orang. Kamu dapat membeli tiket tersebut di TPR (Tempat Pembayaran Retribusi) Pantai Goa Cemara.

 

Jika membawa kendaraan, nantinya kamu juga akan dikenai biaya parkir sebesar Rp2.000 untuk motor, Rp5.000 untuk mobil, atau Rp10.000 untuk bis. Sangat terjangkau bukan? Dengan harga tiket yang murah tersebut kamu bebas menikmati panorama Pantai Goa Cemara sampai puas.

 

Adapun mercusuar yang bisa kamu gunakan untuk menikmati keindahan Pantai Goa Cemara dan Laut Selatan dari atas. Jika ingin menikmati pemandangan dari atas mercusuar, kamu akan kena biaya lagi sebesar Rp5.000 per orang.

 

Mitos Pantai Goa Cemara

Foto: Instagram/ @goacemarabeach

Terlepas dari pesonanya yang eksotis, ternyata Pantai ini juga memiliki mitos seperti pantai di pesisir Jawa lainnya. Setiap tanggal 1 Muharram tahun Hijriyah atau 1 Suro masyarakat Jawa menyebutnya, diadakan tradisi Lelabuhan di pantai ini.

 

Tradisi Lelabuhan sendiri merupakan ritual untuk menghormati Nyi Roro Kidul yang konon katanya disebut sebagai Ratu Pantai Selatan sang penguasa alam gaib di pesisir selatan Jawa. Benar tidaknya hal tersebut hingga kini masih menjadi misteri Pantai Goa Cemara juga pantai lain di selatan Jawa.

 

Namun, masyarakat setempat menganggap tradisi Lelabuhan ini sebagai bentuk dan simbol atas kesuburan tanah Bantul dan Yogyakarta. Dengan kata lain, tradisi ini sebagai bentuk rasa syukur dan terimakasih kepada Yang Maha Kuasa atas apa yang diberikan oleh-Nya.

 

Lelabuhan biasa dilakukan oleh masyarakat setempat dengan mengarak Kambing Kendhit yang merupakan boneka mirip kambing. Nantinya Kambing Kendhit akan diarak di sekitar pantai bersama Kirab berisi hasil bumi Kabupaten Bantul untuk kemudian dilarungkan ke Laut Selatan.

 

Aktivitas Menarik

Selain menikmati keindahan panorama laut, kamu juga bisa melakukan berapa aktivitas menarik di pantai ini, yaitu:

  1. Berfoto Ria

Pantai Goa Cemara
Foto: Instagram/ @rainny

Jika berkunjung ke Pantai Goa Cemara, jangan sampai lupa untuk mengabadikan momen di tempat nan eksotis ini. Kamu bisa berfoto dengan latar belakang pantai, laut, maupun rimbunan pepohonan cemara di tepian pantai.

 

  1. Bersantai di Bawah Pohon

Pantai Goa Cemara
Foto: Instagram/ @iyas_ic

Tujuan dari sebuah liburan tentu saja bersantai dan rehat sejenak dari kesibukan yang memadati hari-hari kamu. Berwisata ke Pantai ini memang merupakan pilihan sangat tepat.

 

Kamu bisa bersantai di bawah pohon cemara sembari menikmati semilir angin laut dan deru ombak yang menenangkan pikiran. Kamu bisa menyewa tikar atau membawanya sendiri dari rumah, kemudian bawa pula bekal atau camilan sebagai pelengkap rekreasimu di pantai ini.

 

  1. Berkemah di Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara sangat bisa kamu jadikan tempat berkemah bersama keluarga atau teman-teman. Suasananya yang sejuk dan menenangkan pasti akan sangat cocok untuk berkemah. Apalagi tersedia camping ground di pantai ini yang memang disiapkan untuk pengunjung.

 

Akan tetapi, kamu harus menyiapkan dahulu berbagai peralatan kemah yang mungkin kamu butuhkan karena tidak ada persewaan alat-alat kemah di pantai ini.

 

Pastikan pula kamu membawa bahan makanan yang cukup, sebab di malam hari para pemilik warung akan kembali ke rumahnya masing-masing dan kembali lagi di pagi harinya.

 

  1. Berkuda

Jika ingin mengelilingi pantai tapi terlalu malas untuk jalan kaki, kamu bisa menyewa kuda milik masyarakat sekitar. Jika belum pernah menunggangi kuda, kamu tidak perlu khawatir karena pasti ada pemandu kuda yang akan mendampingi kamu.

 

  1. Naik ATV di Pantai Goa Cemara

Setelah berkuda, kamu bisa mencoba untuk bermain ATV di tepian pantai atau area pohon cemara. Bagi kamu yang menyukai tantangan, bermain ATV di pantai tentu merupakan suatu hal yang seru dan memacu adrenalin.

 

  1. Naik di Mercusuar

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, di pantai ini terdapat mercusuar yang bisa kamu kunjungi untuk melihat keindahan pantai dari atas. Melihat pantai dan laut dari atas tentu saja merupakan hal yang luar biasa, jadi jangan sampai kamu melewatkan mercusuar ini.

 

Fasilitas dalam Wisata

Agar pengunjung semakin nyaman berekreasi di Pantai Goa Cemara, pihak pengelola dan masyarakat setempat menyediakan berbagai fasilitas. Beberapa fasilitas yang disediakan antara lain:

  1. Warung Makan

Perut kamu lapar setelah puas bermain di pantai, tenang saja kamu tidak perlu jauh-jauh membeli makanan karena terdapat banyak warung di pantai ini. Kebanyakan warung di pantai ini menyediakan menu seafood, tetapi ada juga menu lain jika kamu tidak menyukai seafood.

  1. Mushola

Bagi pengunjung yang muslim tidak perlu bingung untuk beribadah. Sebab pengelola pantai sudah menyediakan mushola yang bersih untuk beribadah dengan nyaman.

  1. Toilet

Bermain di pantai rasanya kurang lengkap jika tidak basah-basahan di air laut. Kamu tidak perlu khawatir jika ingin bermain air laut karena terdapat banyak toilet bersih yang disediakan di pantai ini.

 

Dari deskripsi di atas, apakah kamu sudah terbayang bagaimana cantiknya Pantai Goa Cemara? Jika kamu penasaran dan ingin pergi berlibur, langsung saja kunjungi pantai indah di Bantul ini. Satu hal yang perlu kamu ingat adalah jangan membuang sampai sembarangan dan mengotori area pantai.

Tinggalkan komentar