Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng. Kamu sedang bingung mencari destinasi wisata 2020 di Sukabumi? Coba deh kamu pergi ke pantai Ujung Genteng. Salah satu destinasi warga Sukabumi ini cukup banyak dikunjungi karena tempatnya yang masih terbilang alami dan sepi.

Pantai ini masih terbilang alami dan jauh dari hiruk pikuk kota karena dikelilingi oleh berbagai pepohonan. Hadirnya pepohonan di sekitar pantai membawa kesejukan yang sangat nyaman bagi para wisatawan yang datang ke pantai ini.

Kalau kamu adalah tipe orang yang suka sekali dengan pantai yang suasananya sejuk dan tidak banyak hiruk pikuk, cobalah untuk mengunjungi wisata pantai ini. Meskipun pantainya tidak begitu besar, namun suasananya bisa memberikanmu ketenangan.

Pantai ini menyediakan berbagai macam fasilitas umum yang lengkap. Hadirnya fasilitas umum ini tentunya akan semakin membuat kamu nyaman berlama-lama. Penasaran? Yuk simak informasinya di bawah ini.

Pantai Ujung Genteng
Foto: Instagram/ @fbrdira

Alamat Lokasi

Kamu yang sedang mencari destinasi wisata di sekitar Sukabumi, kunjungi saja pantai Ujung Genteng ini. Tidak tahu letak pantainya di mana?

Pantai ini  berada di Kecamatan Ciracap, lebih tepatnya berada di desa yang sama dengan nama pantainya, yakni Ujung Genteng.

Kalau kamu tahu atau pernah ke Pelabuhan Ratu, maka pantai ini letaknya tidak jauh kok dari pelabuhan tersebut. Ujung Genteng juga dekat dengan beberapa pantai populer lainnya di Sukabumi, yakni pantai Karang Hawu, Cibangban, Citepus dan Cimaja.

Rute Menuju Pantai Ujung Genteng

Bagi kamu yang mungkin berangkat dari pusat kota Sukabumi, maka jarak yang akan kamu tempuh nantinya adalah sekitar 80 km. Cukup jauh ya dari pusat kota? Meskipun wisata ini jauh dari pusat kota Sukabumi, namun lelahmu akan terbayar setelah tiba di pantai ini.

Pantai ini sendiri bisa diakses mudah menggunakan transportasi umum buat kamu yang tidak memiliki kendaraan pribadi. Tergantung kamu berasal dari daerah mana, kalau kamu datang dari daerah Jawa Tengah, cobalah untuk menggunakan rute tol Cipali.

Rute Cipali lebih baik jika kamu menggunakan jalan Raya Pantura karena aksesnya yang lebih mudah dan tentunya lebih cepat. Dari Jawa Tengah ke Sukabumi, kamu akan menempuh jarak sekitar 515an km.

Sementara buat kamu yang berasal dari Jakarta, coba pergilah menggunakan rute tol Jagorawi. Perjalanan dari Jakarta ke Sukabumi menggunakan rute ini akan menghabiskan waktu sekitar 4-5 jam saja, atau setara dengan 140 km.

Bagi kamu yang datang dari arah Banten, gunakan saja Jalur Raya Pantura atau kalau ingin menggunakan jalur tol, ambil saja rute tol Merak.

 

Jam Buka

Kalau kamu mau mengunjungi pantai indah yang ada di Sukabumi ini, kamu bisa datang kapan saja yang kamu mau, lho! Tidak ada info pantai Ujung Genteng mengenai jam operasionalnya.

Kamu bisa datang kapan saja kalau mau. Ada baiknya sih kamu datang saat sore hari, jadi bisa menikmati pemandangan sunsetnya yang mempesona. Datang ke pantai ini saat malam hari sangat tidak efektif karena tidak ada pemandangan yang bisa kamu saksikan.

Konon, pantai ini juga terkenal angker kalau malam hari, pastikan kamu datang mengunjungi destinasi wisata ini saat sore atau pagi hari saja.

 

Harga Tiket Masuk Pantai Ujung Genteng

Berapa sih tiket masuk yang harus kamu bayarkan ketika mengunjungi wisata Ujung Genteng ini? Biaya tiket masuk untuk bisa menikmati keindahan Ujung Genteng ini terbilang masih murah, kok! Cukup mengeluarkan Rp10.000 saja, kamu sudah bisa menikmati pemandangan pantai ini.

Biaya untuk tiket parkirnya sendiri juga terbilang murah, yakni Rp2.000 bagi pengguna motor dan Rp5.000 untuk yang membawa mobil.

 

Ulasan tentang Lokasi

Pantai Ujung Genteng
Foto: Instagram/ @sofyanchocy

Kamu yang mungkin merasa penat dan ingin melepas rasa penatmu karena tekanan kerja atau hal lainnya, cobalah untuk pergi ke pantai Ujung Genteng ini. Suasana pantainya yang masih asri dan alami membuat penatmu hilang seketika.

Terlebih suasana di pantai ini juga masih sepi dan hening, tidak banyak wisatawan yang mengunjungi. Kamu bisa sepuasnya berhibernasi di pantai Ujung Genteng sampai penatmu hilang.

Camping di pantai ini juga sangat disarankan mengingat tidak banyak penginapan yang tersedia. Cobalah untuk membawa tenda bersama teman-teman dan berkemah sambil menunggu sunrise.

 

Obyek Menarik di Pantai Ujung Genteng

Ada banyak obyek menarik yang bisa kamu saksikan dan nikmati ketika berwisata ke pantai ini, di antaranya adalah:

1.       Pemandangan Sunrise dan Sunset Pantai

Pantai Ujung Genteng mempunyai pemandangan matahari terbit dan terbenam yang sungguh indah. Kamu yang hobi fotografi, coba deh untuk berburu gambar di objek wisata Sukabumi satu ini.

Tunggu momen sunrise maupun sunset dari pinggir pantai Ujung Genteng dan bidik gambar sebanyak-banyaknya.

2.       Ombak Laut di Pantai Ujung Genteng

Foto: Instagram/ @hijabindotraveller

Selain obyek sunrise dan sunset yang menarik dari wisata pantai ini, ombak yang ada di pantai ini juga bagus lho untuk dinikmati. Di pantai ini ombaknya tidak terlalu besar, kamu bebas menikmati lautnya sambil berenang atau bermain air.

Bahkan pantai ini jarang sekali terjadi pasang dan surut, jadi aman sekali untuk dijadikan tempat berenang bagi wisatawan.

3.       Pasir Pantainya

Pantai Ujung Genteng
Foto: Instagram/ @insightofmia

Pantai yang terkenal ini pasirnya sangat indah, yakni berwarna putih. Pasir putih dan halus di wisata ini menjadi obyek menarik yang pastinya akan membuat kamu betah berlama-lama di pantai Ujung Genteng.

Terlebih, pantai ini masih sangat bersih. Tidak ada satupun sampah yang berserakan di kawasan pantai. Kebersihan di pantai Ujung Genteng benar-benar masih terjaga dengan baik.

 

Fasilitas dalam Wisata

Pantai Ujung Genteng mempunyai beragam fasilitas yang sangat memadai bagi para wisatawan yang datang, terlepas dari tempat wisatanya yang kecil dan masih sepi. Beberapa fasilitas yang sudah tersedia di pantai Ujung Genteng adalah:

  1. Tempat makan
  2. Mushola
  3. Parkir yang cukup luas
  4. Payung dan gazebo

 

Tips Berlibur

Mau berwisata ke Pantai ini? Coba ikuti beberapa tips menjelajahi pantai di bawah ini:

  1. Pastikan kamu membawa perbekalan yang cukup dari rumah, apalagi jika kamu dan rombongan datang dari luar kota.
  2. Bawa baju yang sekiranya nyaman dan jangan lupa untuk menggunakan jaket karena angin di pantai cukuplah besar.
  3. Bawalah baju ganti untuk kamu yang memang ingin berenang dan bermain air di tepi pantai.
  4. Charge penuh smartphone atau kameramu agar bisa membidik banyak gambar ketika ingin hunting spot foto di pantai ini.
  5. Kamu yang ingin camping di pantai ini, jangan lupa untuk membawa perlengkapan kemah sebab di pantai ini tidak ada alat persewaan camping.

 

Piknik di pantai ini bersama pasangan maupun keluarga bisa menjadi solusi yang tepat untuk kamu yang bosan dengan wisata-wisata kota Jakarta. Melepas penat sambil memandangi pemandangan atau bermain air bisa menjadi penawar yang hebat untuk penatmu.

Jangan lupa untuk membawa perbekalan dan perlengkapan wisata agar tamasya kamu dan keluarga lebih aman dan terkendali. Sangat menarik bukan? Yuk berkunjung ke wisata pantai ini.

Tinggalkan komentar