Warso Farm

Warso Farm merupakan agrowisata durian yang sangat populer di Bogor. Banyak orang yang menyebutnya perkebunan durian Warso. Hal ini karena pemilik perkebunan tersebut adalah pensiunan TNI AD yang bernama Soewarso Pawaka.

Perkebunan dengan luas 22 hektar ini memiliki 900 pohon durian. Di dalamnya terdapat 19 jenis dan 7 varietas unggul durian baik impor maupun lokal seperti monthong, lay dan petruk. Lahan sisanya ditanami buah lainnya dan untuk persawahan.

Selain itu, ada apa di Warso Farm? Di depan perkebunan terdapat ikon durian raksasa yang unik dan menjadi daya tarik bagi pengunjung. Kamu juga dapat melihat langsung proses pemanenan durian.

Bahkan, bisa berbelanja durian, mencicipi berbagai macam kuliner hingga bermain di wahana yang telah tersedia. Pengunjung wajib mematuhi aturan yaitu dilarang memetik buah kecuali pada musim  panen.

Foto: Instagram/ @azizahnoeroel

Alamat Dan Lokasi

Warso Farm berada di Jl. K.H. Halimi, Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa barat 16740. Lokasinya sangat mudah untuk ditemukan karena ada tugu buah naga dan durian yang besar di pintu masuknya.

Akses jalannya juga mudah dan bisa dijangkau menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum seperti bus.

Jam Buka Warso Farm

Kebun durian buka setiap hari pukul 07.00-17.00 WIB. Namun, kegiatan tour di kebun hanya dilakukan setiap hari sabtu, minggu dan hari libur nasional saja.

 

Harga Tiket Masuk

Kamu tidak perlu membeli tiket masuk karena pengunjung dapat masuk ke area perkebunan secara gratis. Kamu hanya membayar parkir untuk motor Rp 3.000,00 dan mobil Rp 5.000,00.

 

Obyek Menarik di Warso Farm

1. Memetik Dan Menyantap Durian Langsung

Warso Farm
Foto: Instagram/ @yetyhamzah

Kamu tidak hanya melihat berbagai jenis durian saja, melainkan bisa memetik kemudian menyantapnya secara langsung. Pastinya sangat seru apalagi jika dilakukan beramai-ramai.

Tidak berhenti sampai di sini saja, banyak menu yang menjadi andalan seperti Dureng (Durian Goreng) dan sop durian. Selain itu, terdapat berbagai macam kuliner yang cocok untuk makan siang.

2. Pain Ball

Pain ball adalah permainan yang berisi peperangan dengan menggunakan senjata berupa pistol berpeluru cat. Permainan tersebut terjamin aman dan tidak berbahaya karena tersedia perlengkapan yang memadai.

Perlengkapan tersebut antara lain masker pelindung wajah, seragam militer, sarung tangan, pelindung siku dan lutut.

Manfaat mengikuti permainan tersebut antara lain dapat melatih konsentrasi, fokus mencapai tujuan bersama, kekompakan tim dan masih banyak lagi hal positif lainnya.

3. Memancing

Kalau kamu senang berburu ikan, tempat ini menyediakan kolam pemancingan yang dapat menyalurkan hobi para kaum adam. Kabar gembiranya adalah jenis ikannya beragam dan hasil pancingan bisa dibawa pulang.

4. Outbond

Foto: Instagram/ @renyoktora

Wahana yang satu ini sengaja disediakan dan bisa diikuti semua pengunjung dari anak-anak sampai dewasa. Banyak jenis permainan yang bersifat edukatif karena dapat melatih ketangkasan dan keberanian, terutama bagi anak-anak.

 

Fasilitas Dalam Wisata

Warso Farm
Foto: Instagram/ @dwyfebriawan

1. Hotel Dan Penginapan di Warso Farm

Banyak pilihan tempat bermalam yang telah disediakan untuk pengunjung yang berasal dari luar kota. Contohnya villa, penginapan biasa hingga hotel berbintang yang tarifnya di atas 2,5 juta untuk satu malam.

Beberapa di antaranya adalah Hotel Lido Lakes & Conference, Aston Bogor Hotel & Resort, Katumbiri Resort & Resto, The Pala-Private Villa & Food Resort, Grand Jaya Raya, New Ayuda Hotel, Royal Hotel, Amaroossa Royal Bogor, Izi Hotel, JSI Resort dan lain-lain.

Cara bookingnya pun sangat mudah, yaitu bisa di Agoda menggunakan kartu kredit  atau melalui Pegipegi dengan sistem transfer dan memasukkan kata kunci “Bogor”.

2. Rumah Makan

Rumah makan Dapoer Warso di bangun persis di bawah area parkir. Tujuannya memfasilitasi pengunjung yang ingin makan siang setelah lelah beraktivitas selama di kebun.

Menu yang tersedia bervariasi seperti karedok yang merupakan makanan khas Sunda, ayam kampung, gurame, tumisan, nila dan lain-lain. Tidak lupa mie ayam dan batagor juga dapat menjadi menu yang cocok di siang hari sambil menikmati sejuknya suasana perkebunan.

Agar liburan tampak berbeda dan kesan alaminya lebih terasa, kamu disarankan menggelar tikar di pelataran perkebunan untuk bersantai sembari menikmati berbagai kuliner favorit.

Fasilitas tersebut tersedia agar pengunjung tidak merasa bosan dengan menu buah durian. Dijamin piknik kamu kali ini pasti semakin asyik.

Ditambah lagi suasananya natural, lingkungannya bersih, luas dan terawat sehingga sangat bagus untuk relaksasi. Selain itu, juga nyaman digunakan beristirahat sejenak dari padatnya aktivitas dan kebisingan di perkotaan.

3. Toko Oleh-Oleh di Warso Farm

Menikmati berbagai olahan durian seperti es buah dan jus rasanya kurang puas jika belum memakan buah segar yang belum diolah.

Oleh karena itu, tersedia juga toko oleh-oleh yang menyediakan berbagai macam buah seperti durian. Harga durian lokal di toko tersebut adalah Rp 30.000,00  per kilonya, sedangkan untuk durian montong Rp 35.000,00.

4. Fasilitas Umum

Beberapa fasilitas umum pun juga telah tersedia seperti tempat parkir agar kendaraan tertata rapi. Selain itu, ada toilet dan tempat beribadah. Dengan demikian, pengunjung tetap bisa menjalankan kewajibannya kepada Tuhan di tengah aktivitasnya.

5. Balai Pertemuan

Adanya balai pertemuan ini bermanfaat sebagai tempat untuk mengadakan rapat atau kegiatan lainnya dengan jumlah peserta banyak. Kapasitas balai tersebut mencapai 90 orang.

6. Tour Guide

Adanya tour guide akan sangat membantu para pengunjung untuk memperkaya wawasannya mengenai tanaman yang ada. Pasalnya jenis durian di Warso Farm sendiri cukup banyak. Belum lagi masih ada beberapa tanaman lain seperti jambu, buah naga dan nangka.

Pengunjung yang datang tidak hanya dari rombongan keluarga saja. Namun, banyak juga dari berbagai kantor, organisasi dan sekolah yang sengaja mengagendakan berwisata di tempat yang terkenal sebagai surganya penikmat durian ini. Bagaimana kamu tertarik?

Foto: Instagram/ @evieta_syahfuan

Tips Berlibur

  1. Datanglah ketika musim duren tiba, yaitu di bulan Desember hingga Mei.
  2. Sebaiknya kamu datang di pagi hari sehingga suasana masih sejuk dan segar.
  3. Kamu dianjurkan menghubungi pihak pengelola via telepon atau Whatsapp di nomor 08567373173 sebelum berkunjung.

Tujuannya untuk mendapatkan info yang akurat bahwa durian yang kamu inginkan sudah berbuah. Sangat disayangkan jika jauh-jauh datang ke Bogor namun tidak bisa merasakan kelezatan buah tersebut.

  1. Membawa topi atau selendang sebagai alat pelindung agar tidak kepanasan.
  2. Memastikan sebelum berangkat baterai kamera dan smartphone sudah penuh. Jangan sampai kamu melewatkan spot-spot keren yang bagus untuk background berswafoto.
  3. Mematuhi peraturan yang berlaku di tempat wisata.
  4. Memakai sunblock untuk melindungi kulit dari sinar matahari sehingga tetap lembut dan cantik.
  5. Membuang sampah pada tempatnya agar menjaga kebersihan lingkungan sekitar.
  6. Mengenakan pakaian dan alas kaki yang nyaman untuk melewati jalur setapak saat menyusuri kebun.

 

Warso Farm menjadi rekomendasi tempat wisata yang bisa kamu kunjungi, khususnya bagi para pecinta durian. Rasanya ada yang kurang saat berlibur ke Bogor tanpa singgah di sini. Kamu pun dapat merasakan sensasi memetik langsung dari pohonnya dan memakannya di tempat.

Tinggalkan komentar